Komoditas: CPO Meroket, Batu Bara Hancur Lebur!

Market - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
16 October 2020 12:47
eskcavator dan batu bara

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) melihat ada perbaikan harga komoditas pada kuartal III-2020 ini. Hal ini sejalan dengan perbaikan ekonomi global.

Di Indonesia, juga tercermin pada perbaikan harga komoditas Crude Palm Oil (CPO) yang meningkat tajam didorong oleh peningkatan permintaan China. Dari data BI, harga CPO meningkat sebesar 21%.

Dari tinjuan kebijakan moneter Oktober Bank Indonesia yang dikutip, Jumat (16/10/2020), dikatakan tidak hanya harga CPO yang meningkat tapi juga harga komoditas logam.

"Peningkatan harga CPO didorong tingginya permintaan dari China seiring dengan retail sales makanan yang terus menunjukkan pertumbuhan positif serta temporer dari India untuk restocking," tulis hasil tinjauan tersebut.

Sedangkan perbaikan harga logam yang juga naik tinggi di kuartal III-2020 didorong oleh perbaikan permintaan dari China untuk infrastruktur serta kuatnya permintaan di pasar aset.

Di saat harga CPO dan logam meningkat tajam, harga Batu Bara justru turun tajam hingga 20,5%. Hal ini disebabkan permintaan yang juga turun akibat industri yang terhenti akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, harga minyak mentah dunia pada kuartal III 2020 meningkat sejalan pemulihan ekonomi global, namun terkoreksi pada September 2020 didorong oleh penurunan compliance rate OPEC+ serta risk-off di pasar aset yang dipengaruhi rebalancing portofolio investor.

harga komoditasFoto: harga komoditas





[Gambas:Video CNBC]

(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading