Pernyataan Full Erick Thohir soal Merger 3 Bank Syariah BUMN

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 October 2020 10:58
Menteri BUMN Erick Thohir (CNBC Indonesia/ Cantika Adinda Putri)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat bicara soal proses merger tiga bank syariah milik bank badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Erick mengatakan entitas ini akan menjadi bank syariah terbesar di Indonesia. Tiga bank tersebut adalah PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS), PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri.

Dalam video berdurasi 3,35 menit, Erick menyampaikan pesan mengenai pentingnya terbentuk bank syariah terbesar di Indonesia. Merger tiga bank BUMN tersebut bisa menjadi bank syariah terbesar di Indonesia.


Selain itu, Indonesia juga bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia karena punya penduduk Muslim terbesar di dunia. 

Berikut ini pernyataan lengkap Erick Thohir:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Rekan-rekan pegawai bank syariah yang saya banggakan. Tentunya sebagai negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia, sudah sepantasnya kita memiliki bank syariah yang kuat. Indonesia harus menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. 

Untuk mewujudkan mimpi itu, kita harus bersatu bahu membahu, ta'awun dan saling menguatkan.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia melalui kementerian BUMN berinisiatif untuk melakukan penandatanganan conditional merger agreement.

Untuk menyatukan tiga bank syariah nasional yakni PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank BNI Syariah menjadi satu keluarga besar.

Rekan-rekan yang saya sayangi, langkah ini merupakan tonggak sejarah untuk kita semua, tonggak pertama persiapan dan tinjauan untuk merealisasikan rencana penggabungan bank bank syariah nasional.

Dengan bergabungnya rekan semua dalam satu bank satu keluarga insya Allah Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar.

Kita semua tentu berharap bank syariah ini mendekati satu tujuan ekonomi syariah yaitu keadilan untuk umat. Sistem keadilan dan transparan sudah membuat bank-bank syariah bertahan di tengah krisis pandemi Covid-19. Bahkan mampu menorehkan kinerja yang positif.

Saat ini kita masih tertinggal dari negara islam lainnya karena itu kita harus bangkit. Namun kita juga harus yakin, bila kita bersatu insya Allah kita mampu jadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia

Insya Allah, langkah in menjadi sesuatu panggilan bagi rekan rekan semua untuk sama-sama menegakkan ekonomi syariah Indonesia, memakmurkan masyarakat dan tentunya ini adalah amanah yang juga akan buka kesempatan lebih luas bagi kita semua untuk dapat berguna sebanyak-banyaknya bagi orang lain. 

Rekan-rekan semua, mari kita sama-sama saling menguatkan, bekerja berlandaskan AKHLAK, yaitu amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif untuk menjadi pilar kekuatan baru ekonomi nasional.

Wassalam


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading