Hasil Merger 3 Bank Syariah RI: Masuk 10 Besar Pemain Global

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 October 2020 15:35
Konferensi Pers CMA Bank BUMN Syariah

Jakarta, CNBC Indonesia - Hasil penggabungan tiga bank syariah milik bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan masuk dalam jajaran 10 bank syariah terbesar secara global.

Hal ini disampaikan Plt Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BBRI) yang juga menjadi Ketua Project Merger Officer Hery Gunardi sore ini saat konferensi pers sore ini.

Tiga bank syariah yang akan digabung tersebut, yaitu PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS), PT Bank Mandiri Syariah dan PT Bank BNI Syariah.


"Potensi penggabungan tiga bank ini jadi 10 bank global berdasarkan market cap dan kalau selesai legal merger di kuartal I-2021 memiliki aset Rp 220 triliun-Rp 225 triliun. Tentunya akan menempati nomor 7-8 perbankan di jajaran top 10 bank di Indonesia jadi bagus dan besar" kata Hery.

Hery sebelumnya mengatakan, Kementerian BUMN ingin sekali mengarahkan dan meningkatkan core competence masing masing BUMN, tak kecuali perbankan. Tujuan dari Kementerian BUMN 3 bank karena sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia.

"Jadi harapannya bisa ada bank syariah besar dan daya saing global ga hanya domestik tapi internasional," jelas Hery.

"Tentunya bank hasil gabungan ini modal cukup, kapasitas generate bisnis kuat, underwrite bisnis lebih baik dan lebih besar dan improve global market di middle east buat sukuk gobal," tambahnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading