Mimpi Erick, Indonesia Pusat Ekonomi & Keuangan Syariah Dunia

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 October 2020 11:38
Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian staisun terpadu Tanah Abang, Rabu (17/6/2020) (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan Indonesia akan menjadi pusat ekonomi dan syariah dunia, menyalip negara-negara lain yang sudah kuat di bidang ini. Hal ini didukung dengan adanya lembaga keuangan syariah besar di dalam negeri dan jumlah penduduk muslim yang besar pula.

"Indonesia harus menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Untuk mewujudkan mimpi itu kita harus bersatu bahu membahu, taawun dan saling menguatkan," kata Erick dalam sebuah video, dikutip Selasa (13/10/2020).

Untuk memulai target tersebut, pemerintah telah menginisiasi pembentukan bank syariah di dalam negeri dengan menggabungkan bank-bank syariah pelat merah yang telah ada. Bank hasil penggabungan ini digadang-gadang akan menjadi bank syariah terbesar di negeri ini.


Erick mengungkapkan, pembentukan bank ini menjadi step awal bagi Indonesia untuk memulai rencana tersebut.

"Saat ini kita masih tertinggal dari negara islam lainnya karena itu kita harus bangkit. Namun kita juga harus yakin bila kita bersatu insyaallah kita mampu menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia," kata dia.

Adapun penggabungan ini akan dilakukan dengan melebur tiga entitas bank syariah yang merupakan anak usaha BUMN, yakni PT BRI Syariah Tbk (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri dan PT BNI Syariah.

Langkah ini sudah dimulai dengan dilakukannya penandatanganan Conditional Merger Agreement (CMA), kemarin Senin (12/10/2020) dan dilanjutkan dengan pengumuman ke publik yang akan dijadwalkan sore ini.

"Langkah ini merupakan tonggak sejarah untuk kita semua, tonggak pertama persiapan dan tinjauan untuk merealisasikan rencana penggabungan bank bank syariah nasional. Dengan bergabungnya rekan semua dalam satu bank, satu keluarga insyaallah Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar," lanjut Erick.

"Insyaallah langkah ini menjadi sesuatu panggilan bagi rekan-rekan semua untuk sama-sama menegakkan ekonomi syariah di Indonesia, memakmurkan masyarakat dan tentunya ini adalah amanah yang juga akan buka kesempatan lebih luas bagi kita semua untuk dapat berguna sebanyak-banyaknya bagi orang lain."


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading