Rupiah Menguat Sih, Tapi Wajib Waspada!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 September 2020 09:11
Suasana Kawasan penukaran uang lusuh di Area Gedung Bank Indonesia,  Jakarta,  Kamis (1/2/2018). CNBC Indonesia/Muhammad Sabki Ilustrasi Rupiah (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot pagi ini. Namun apresiasi rupiah sangat terbatas mengingat dolar AS juga sedang bangkit.

Pada Kamis (17/9/2020), US$ 1 setara dengan Rp 14.780 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,3% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.


Rupiah tidak bisa menguat signifikan karena tertahan oleh penguatan dolar AS. Pada pukul 07:34 WIB, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) menguat 0,1%.

Mata uang Negeri Paman Sam bangkit setelah pasar merespons hasil rapat bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed). Soal suku bunga acuan, tidak ada kejutan. Federal Funds Rate tetap bertahan di 0-0,25%. Dot plot terbaru menggambarkan suku bunga acuan kemungkinan masih bertahan rendah hingga 2023, sesuatu yang juga sudah masuk dalam kalkulasi pelaku pasar.

ffrFederal Open Market Committee

Namun ada yang menarik. Dalam proyeksi terbaru, Ketua Jerome 'Jay' Powell dan kolega memperkirakan ekonomi AS terkontraksi (tumbuh negatif) 3,7% pada 2020. Meski negatif, tetapi lebih baik dibandingkan perkiraan sebelumnya yaitu minus 6,5%.

Proyeksi angka pengangguran untuk 2020 juga direvisi ke bawah dari 9,3% menjadi 7,6%. 'Ramalan' terbaru ini menggambarkan bahwa ekonomi AS ternyata tidak jelek-jelek amat, ada harapan bisa bangkit lebih cepat.

fedFederal Open Market Committee

"Pijakan bagi dolar AS hari ini adalah The Fed menaikkan proyeksi ekonomi untuk 2020. Ternyata lebih baik ketimbang proyeksi Juni lalu," ujar Joe Manimbo, Senior Market Analyst di di Western Union Business Solution yang berbasis di Washington, seperti dikutip dari Reuters.

Pasar Tunggu Kabar dari MH Thamrin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading