Saham BCA Melesat, Harta Duo Hartono Bertambah Rp 110 T

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
14 September 2020 18:17
Robert Budi Hartono. (Dok:Forbes)

Jakarta, CNBC IndonesiaHarta orang terkaya di Indonesia versi Forbes, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, berpotensi bertambah seiring dengan kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dalam 3 bulan terakhir. Pada periode tersebut, saham BBCA naik 4,22%.

Mengacu data perdagangan, saham BBCA pada penutupan perdagangan Senin ini (14/9/2020) di tengah penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), ditutup naik 2,46% di posisi Rp 30.250/saham dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp 745,81 triliun, terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Data perdagangan menunjukkan, saham BBCA pada Senin ini ditransaksikan mencapai Rp 836,19 miliar dengan volume perdagangan 27.62 juta saham. Dengan kenaikan hari ini, maka dalam 3 bulan terakhir saham bank milik Grup Djarum ini naik 4,22%, kendati sejak awal tahun saham BBCA masih minus 9,50%.


Harga terendah

Kenaikan harga saham BBCA ini menjadi penyumbang terbesar kenaikan harta duo Hartono ini. Robert dan Michael merupakan pemilik 54,94% atau 13.545.990.000 saham BCA melalui PT Dwimuria Investama Andalan.

Pada saat harga saham BCA anjlok ke level terendah tahun ini di level Rp 22.150/saham pada 23 Maret lalu, nilai kepemilikan saham Robert dan Michael Hartono mencapai Rp 300,04 triliun.

Namun pada penutupan hari ini di mana saham BBCA bertengger di level Rp 30.250/saham, maka nilai saham duo Hartono itu naik lagi menjadi Rp 410 triliun, atau bertambah Rp 109,96 triliun dalam periode 6 bulan sejak Maret.

Saham tertinggi BBCA tahun ini sempat terjadi pada 14 Januari 2020 ketika pandemi belum melanda yakni di level Rp 34.350.saham.

Robert dan Michael merupakan orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes tahun ini. Robert dan Michael tak hanya punya bisnis perbankan.

Asal mula usaha kedua bersaudara ini dimulai dari usaha rokok PT Djarum, perusahaan rokok terbesar keempat di Indonesia yang berkantor pusat di Kudus, Jawa Tengah.

PT Djarum merupakan induk dari Djarum Group yang membawahi banyak bisnis. Di luar bisnis rokok kretek dan BCA, Grup Djarum juga memiliki usaha elektronika (Polytron), rumah studio produksi (Visinema Pictures), perkebunan (HPI Argo), perdagangan elektronik (Blibli.com), agen perjalanan daring (Tiket.com), dan media komunikasi (Djarum Media, dengan nama Mola TV dan Super Soccer TV).

Selain itu ada bisnis makanan dan minuman (Savorita, dengan merek Yuzu), dan kopi (Sumber Kopi Prima, dengan merek Delizio Caffino).

Forbes realtime mencatat kekayaan Budi Hartono terhitung 14 September 2020 yakni sebesar US$ 17,6 miliar atau Rp 259 triliun (kurs Rp 14.700/US$) dan berada di urutan pertama di Indonesia. Sementara saudaranya Michael Hartono US$ 16,9 miliar.

Sebelumnya Robert Budi Hartono mengirim surat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menyampaikan penolakannya atas rencana Gubernur DKI Anies Baswedan soal penerapan PSBB mulai Senin ini.

Menurut Budi, ada hal yang lebih baik dilakukan pemerintah ketimbang kembali mengunci Jakarta. Misalnya dengan membangun rumah sakit darurat di pelabuhan, seperti yang dilakukan Singapura.

"Contoh Solusi terlampir: ini adalah photo di Port Singapore yang membangun kapasitas kontainer isolasi ber-AC untuk mengantisipasi lonjakan dari kasus yang perlu mendapatkan penanganan medis," jelas pemilik Grup Djarum dan BCA itu dalam suratnya yang dimuat di Instagram mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Polandia, Peter Frans Gontha, Sabtu (12/09/2020).

"Fasilitas seperti ini dapat diadakan dan dibangun dalam jangka waktu singkat (kurang dari 2 minggu - Photo 1 - karena memanfaatkan container yang tinggal dipasang Air-con dan tangga)," tambahnya.

Dia juga menyarankan pemerintah lebih menegakkan aturan dan pemberian sanksi pada mereka yang tidak disiplin mengikuti aturan new normal atau normal baru. Tugas ini harus dijalankan Anies sebagai Gubernur Jakarta. Pemerintah juga disarankan untuk meningkatkan pengujian (tes), isolasi, pelacakan (tracing) dan perawatan.

"Sejauh ini masih banyak kekurangan dalam hal isolasi dan contact tracing." jelasnya.

"Perekonomian tetap harus dijaga, sehingga aktivitas masyarakat yang menjadi motor perekonomian yang dapat terus menjaga kesinambungan kehidupan bermasyarakat kita hingga pandemi berakhir," katanya dalam surat tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading