Selamatkan Jiwasraya, IFG Life Bakal Kecipratan PMN Rp 20 T

Market - Anisatul Ummah, CNBC Indonesia
09 September 2020 13:13
Jiwasraya (CNBC Indonesia/Ranny Virginia Utami)

Jakarta, CNBC Indonesia - Holding BUMN penjaminan dan perasuransian, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI/Bahana akan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 20 triliun.

Dari PMN ini sebagian juga akan digunakan untuk menopang pendirian asuransi baru penyelamat PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yakni IFG Life.

Bahana berencana membentuk sebuah perusahaan asuransi jiwa guna menyelamatkan Jiwasraya yang tengah mengalami kesulitan likuiditas dalam menyelesaikan kewajiban kepada para nasabahnya.


Direktur Utama BPUI Robertus Bilitea dalam paparan di Komisi VI DPR RI pada Rabu ini (9/9/2020) mengatakan, perusahaan baru yang akan dibentuk ini bernama IFG Life.

"Kami juga dalam waktu dekat bapak-bapak pimpinan akan mendirikan satu perusahaan asuransi jiwa yang kita namakan saja IFG Life," katanya.

"Dulu sempat kita memakai nama Nusantara Life tapi karena rupanya pernah dipakai dan perusahaan [tersebut] juga gagal, maka kami memakai IFG Life," tegasnya.

Dia menjelaskan, IFG Life nantinya akan mendapatkan PMN Rp 20 triliun, melalui Bahana. "Pendirian IFG Life juga didasarkan kebutuhan yang ada saat ini di industri asuransi. IFG Life, Indonesia Finansial Group Life."

Menurut dia, asuransi jiwa baru ini nantinya akan mencoba atau menyelamatkan pemegang-pemegang polis yang direstrukturisasi di Asuransi Jiwasraya.

"IFG Life juga akan didukung oleh ekosistem asuransi yang komplet, mengingat positioning sebagai salah satu anak perusahaan Holding Asuransi," jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah, sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan tujuan suntikan modal negara Rp 20 triliun kepada Bahana. Sebagian penyertaan modal negara tersebut ternyata memang terkait dengan Jiwasraya.

Erick menjelaskan bahwa sebanyak Rp 6 triliun dari penyertaan kepada diperuntukkan buat PT Askrindo dan PT Jamrindo.

Meski Erick tidak menyebutkan jumlahnya, namun sebagian dari total PMN Rp 20 triliun itu akan diberikan kepada Jiwasraya.

"Rp 20 triliun salah satunya buat Jiwasraya," ujar Erick usai rapat dengan DPR, Kamis (3/9/2020).

Kepala Komunikasi Bahana, atau kini memakai brand Indonesia Financial Group, I Gede Suhendra, mengatakan terkait dengan rencana PMN pemerintah tersebut adalah benar.

"Kami menegaskan, kami sebagai BUMN holding perasuransian dan penjaminan siap untuk menjalankan tugas dari pemerintah," katanya, dalam keterangan resmi, Rabu ini.

"Saat ini, kami masih terus mengkaji secara serius dan mendalam terkait pembentukan perusahaan asuransi jiwa baru tersebut dari segala aspek, khususnya tata kelola dan model bisnisnya. Dan Kami terus berkomunikasi dan koordinasi intensif dengan Kementerian BUMN terkait hal ini."

Dia menjelaskan, pendirian dan pengembangan perusahaan asuransi jiwa baru nanti merupakan bagian dari pengembangan bisnis dan penguatan ekosistem kami di holding sehingga kami dapat memberikan layanan dan produk asuransi jiwa yang terbaik bagi masyarakat dengan proses bisnis berdasarkan tata kelola yang baik dan kuat.

"Sejalan dengan semangat pemerintah untuk membentuk ekosistem perasuransian dan penjaminan yang kuat dan terpercaya."

Skema IFG LifeFoto: Skema IFG Life
Skema IFG Life

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading