Private Placement Kelar, CAR Bukopin Bisa Capai 17%

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
25 August 2020 20:20
Bank Bukopin (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia- PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) telah mendapatkan restu untuk melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement melalui RUPS, Selasa (25/08/2020). Dalam aksi tersebut perusahaan akan menerbitkan 16,36 miliar saham kelas B baru, sehingga KB Kookmin Bank akan menjadi pengendali tunggal Bank Bukopin yang akan memiliki hingga 67% saham perusahaan.

"Setelah PUT V CAR jadi 14,11%, setelah Private placement kami bisa mencapai 17% CAR-nya. Ekspansi berikutnya kami tetap fokus ke ritel dan micro finance," kata Direktur Utama Bukopin Rivan Purwantono, Selasa (25/08/2020).

Dalam prospektusnya Bank Bukopin akan menerbitkan saham baru dalam PMTHMETD kepada KB Kookmin Bank berdasarkan pada kebutuhan yang mendesak untuk memperkuat struktur permodalan perusahaan untuk meningkatkan likuiditas. Selain itu komitmen KB Kookmin Bank kepada OJK untuk membantu memperkuat struktur permodalan Perseroan.


Rivan mengatakan penyertaan modal yang termasuk likuiditas, telah mendukung Bank Bukopin, dengan begitu isu likuiditas saat ini bukan lagi menjadi masalah bagi perusahaan. Selain itu private placement ini menurutnya menjadi modal pertumbuhan Bukopin terutama dalam mengatasi perlambatan bisnis saat pandemi Covid-19.

Kehadiran Kookmin juga diharapkan membawa transformasi teknologi dari produk dan proses di dalam perusahaan sehingga bisa mempercepat pertumbuhan.

Bank Bukopin berhasil mendapat restu dari para pemegang saham yang hadir dalam rapat untuk segera melaksanakan Aksi Korporasi ini. Sebanyak 96,12% suara dari seluruh pemegang saham yang hadir dalam rapat setuju atas aksi tersebut. Meski demikian, dia menegaskan bahwa rincian mengenai jumlah saham yang diterbitkan serta harga eksekusi belum ditetapkan hingga saat ini.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading