Tak Terbendung Bosowa, Bukopin Raih Restu Private Placement

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
25 August 2020 17:39
Kookmin Bank clerks work at the headquarters of Kookmin Bank in Seoul, Thursday, March 23, 2006.  Lone Star Fund, a Texas-based investment firm, signed a letter of intent to sell its stake in mid-size lender Korea Exchange Bank to Kookmin Bank, South Korea's top lender by assets, both sides announced Thursday. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jakarta, CNBC Indonesia- Meski mendapatkan penolakan dari PT Bosowa Corporindo sebagai pemegang saham, namun Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) akhirnya merestui KB Kookmin Bank untuk memperbesar kepemilikan hingga 67% melalui skema private placement.

Direktur Utama Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan Bank Bukopin berhasil mendapat restu dari para pemegang saham yang hadir dalam rapat untuk segera melaksanakan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD).


Dalam aksi tersebut Perseroan akan menerbitkan sejumlah saham baru yang akan diserap langsung oleh Kookmin Bank hingga porsi kepemilikan sahamnya mencapai 67% di Bank Bukopin.

"Bank Bukopin berhasil mendapat restu dari para pemegang saham yang hadir dalam rapat untuk segera melaksanakan Aksi Korporasi ini. Sebanyak 96,12% suara dari seluruh pemegang saham yang hadir dalam rapat setuju atas aksi tersebut," ujar Rivan.

Meski demikian, dia menegaskan bahwa rincian mengenai jumlah saham yang diterbitkan serta harga eksekusi belum ditetapkan hingga saat ini.

Sebelumnya, Bosowa Corporindo menyatakan akan mengambil langkah hukum terkait dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) yang digelar hari ini, Selasa (25/8/2020).

Langkah hukum tersebut dilakukan karena hak suara Bosowa dalam RUPS-LB tersebut dianulir atas perintah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Bosowa mengambil langkah hukum atas RUPS hari ini yang secara tiba-tiba menganulir hak-hak suara Bosowa selaku pemegang saham," ujar Direktur Utama Bosowa, Rudyanto kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Dengan langkah tersebut, dia berharap ada hasil yang akan diperoleh. Diantaranya adalah mengembalikan hak suara Bosowa. "Mengembalikan hak suara Bosowa, menyatakan batal RUPS hari ini dan melakukan RUPS ulang," tegasnya.

Pihak Bosowa pun melakukan walk out dalam RUPS-LB tersebut setelah tak lagi memiliki hak suara.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading