Internasional

Sah! Inggris Resesi, Ekonomi Minus 21,7%

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 August 2020 13:29
The supermoon rises behind Tower Bridge, in London, Thursday, May 7, 2020. The supermoon is a phenomenon that happens when the moon is at its closest point to the earth and looks larger than usual. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Jakarta, CNBC Indonesia - EkonomiĀ Inggris resmi jatuh ke jurang resesi. Hal ini merupakan pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir.

Dalam pengumuman Rabu (12/8/2020), PDB Inggris secara tahunan (YoY) berkontraksi atau -21,7% di kuartal II 2020. Sebelumnya ekonomi negeri Ratu Elizabeth itu -1,7% di basis yang sama, pada kuartal I 2020.



Dalam basis kuartalan (QtQ), ekonomi -20,4% dari April hingga Juni. Sebelumnya di basis yang sama pada kuartal I 2020, ekonomi tercatat -2,2%.

Virus corona dan penguncian yang dilakukan untuk membendung Covid-19 menjadi alasan mengapa ini terjadi. Inggris sendiri adalah ekonomi terbesar ke-6 di dunia.

"(Meski begitu) ada tanda-tanda pemulihan di Juni ketika PDB tumbuh 8,7%," ungkap Kantor Statistik Nasional, dikutip dari Reuters.

Inggris menambah deretan negara yang masuk jurang resesi. Sebelumnya, AS, Singapura, Filipina, kota Hong Kong dan Uni Eropa juga terjerembab dalam jurang resesi.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading