Terungkap, Ini Potensi Besar dari Pasar Modal Indonesia

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
29 July 2020 16:25
CEO PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia Tae Yong Shim

Jakarta, CNBC Indonesia- PTĀ Mirae Asset Sekuritas Indonesia menyatakan idealnya jumlah investor di sebuah negara setara dengan 10% dari populasi penduduk. Saat ini di Indonesia jumlah SID investor yang ada baru 2 juta orang, sehingga dinilai masih ada ruang yang besar untuk pertumbuhan.

"Target kami ingin investor ritel menjadi lebih besar dan lebih baik, jika SID hanya 2 juta dan harusnya 10% dari populasi. Kalau di Indonesia berarti masih ada 10 kali potensi pertumbuhan. Mirae diharapkan bisa menjadi leading investor ritel, dan ini menjadi target jangka panjang kami," kata CEO PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia Tae Yong Shim kepada CNBC Indonesia, Rabu (29/07/2020).

Inilah salah satu alasan Mirae Asset mengadakan HOTS Championship, yang diharapkan bisa memacu semangat investor ritel. Pasalnya kompetisi yang berlangsung dalam 5 minggu ini akan mengumumkan setiap transaksi dan portofolio dari peserta setelah penutupan pasar. Hal ini membuat investor ritel lainnya yang tidak mengikuti kompetisi pun bisa melihat strategi dan pilihan portofolio dari peserta.


Tae Yong Shim menilai setelah sukses mengadakan kompetisi yang pertama dan berhasil menggaet banyak investor, HOTS Championship 2 menjadi lebih berkesan karena adanya pandemi Covid-19 yang membuat IHSG bergerak volatil, dan sempat menyentuh titik terendah.

"Terutama setelah pasar mulai bangkit karena shock Covid-19, kompetisi ini menarik partisipasi banyak yang milenial. Saya rasa ini karena investor banyak yang belajar dari krisis 2008, dimana ritel investor kehilangan momentum dari rally pasar saat itu. Kali ini investor ritel saya rasa tidak ingin kehilangan minatnya," katanya.

Apalagi saat ini kemampuan investor ritel semakin meningkat karena pesatnya perkembangan informasi. Tae Yong Shim mengatakan 10 tahun lalu investor ritel memiliki keterbatasan informasi dan pembelajaran karena sumbernya belum sebanyak saat ini. Dia pun optimistis investor ritel yang mengikuti kompetisi ini tetap berinvestasi dalam jangka panjang.

HOTS Championship 2 akan dilaksanakan pada 3 Agustus hingga 4 September 2020, nasabah Mirae yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri mulai 22 Juli hingga 7 Agustus 2020. Pihaknya menargetkan bisa menggaet minimal 6.000 peserta dalam kompetisi kedua ini.

Sebagai informasi, penilaian pada kompetisi ini pertama berdasarkan transaksi. Kedua, berdasarkan keuntungan atau tingkat pengembalian, yang terbagi pada kategori premier (nilai aset lebih dari Rp 200 juta) dan kategori champs (nilai aset lebih dari Rp 10 juta).

Pada HOTS Championship 1, nilai transaksi paling tinggi mencapai Rp 608 miliar, dan untuk persentase profit return dalam kategori Champs League mencapai 182,30 % sedangkan dalam kategori Premier League mencapai 125,20%.

Tertarik untuk mengikuti HOTS Championship kedua bisa daftar melalui linkĀ di sini.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading