Perhatian! 2 Indeks Saham Baru Siap Meluncur Tahun Ini

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
01 July 2020 10:10
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia, Jumat 28/2/2020 (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan akan menerbitkan dua indeks baru di tahun ini. Kedua indeks tersebut adalah IDX Quality 30 dan IDX ESG30, dua indeks yang berbasis investasi nilai (value investing) dan ramah lingkungan serta tata kelola atau environmental, social and governance (ESG).

Direktur BEI, Hasan Fawzi menuturkan, untuk IDX Quality 30, rencananya akan diluncurkan pada Agustus ini. Konstituen dari indeks tersebut disaring dari anggota IDX80 dengan mempertimbangkan tingkat value investing tinggi, kualitas fundamental perusahaan yang baik dan keberlanjutan bisnis.

Kriteria ini akan melihat emiten dari komponen rasio pengembalian ekuitas atau return to equity (RoE), rasio utang terhadap modal atau debt to equity ratio (DER), rasio pendapatan, stabilitas pendapatan, struktur permodalan, hingga profitabilitas perseroan.


"Indeks baru yang akan kita luncurkan di Agustus. IDX Quality 30, konstituennya adalah perusahaan-perusahaan yang bahan awalnya dari penghuni IDX80," kata Hasan Fawzi, Selasa (30/6/2020).

Selanjutnya, kata Hasan, BEI juga akan menyiapkan penerbitan indeks baru yang ramah lingkungan atau IDX ESG30 pada akhir tahun ini.

Menurutnya, indeks ini nantinya juga akan disaring dari anggota IDX80 namun akan dilihat dari penilaian aspek environmental, social and governance (ESG) emiten tersebut. Dengan adanya indeks baru ini diharapkan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi, terutama yang berminat pada isu lingkungan.

"80 perusahaan yang ada di IDX80 akan di-scoring aspek-aspek terkait ESG. Indeks ini akan bernama Indeks IDX ESG30," katanya.

BEI menyebut rencana penerbitan indeks baru ini sudah berdiskusi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun melakukan dengar pendapat dengan perusahaan manajer investasi. "Mereka memberikan tanggapan yang baik," ujar Hasan.


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading