Airlangga: IHSG Lebih Hebat dari Indeks Thailand & Vietnam

Market - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
14 January 2021 14:37
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu kemarin (13/1) mencatatkan kinerja baik. Bahkan merupakan yang tertinggi di ASEAN dibanding beberapa indeks utama lainnya.

"(IHSG) tertinggi di ASEAN," ujarnya dalam pertemuan Tahunan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) secara virtual, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, kinerja IHSG mengalahkan indeks saham negara lainnya seperti indeks di bursa The Stock Exchange of Thailand (SET) dan Ho Chi Minh City Stock Exchange.


Indeks di bursa efek Vietnam (VN-Vietnam) dan SET Thailand menguat masing-masing 7,44% year to date atau tahun berjalan.

"Sekarang year to date (IHSG) menguat 7,63%," jelas mantan Ketua Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) ini.

Lanjutnya, IHSG menguat ini disebabkan oleh dimulainya vaksinasi Covid-19 di Indonesia dan juga dengan adanya UU Cipta Kerja yang sudah dirilis sejak akhir tahun lalu.

"UU Cipta Kerja, bersamaan dengan vaksinasi kemarin, indeks mencapai 6.435," kata dia.

Sebagai informasi, IHSG berhasil ditutup naik 0,62% di posisi 6.435,21 pada perdagangan Rabu kemarin (13/1/2021). Asing bahkan ramai-ramai masuk ke pasar saham dengan beli bersih (net buy) Rp 936,10 miliar di pasar reguler.

Lalu, berdasarkan data perdagangan pada sesi I Kamis ini (14/1/2021), kinerja IHSG masih lebih baik dalam sebulan terakhir dibandingkan dengan bursa Asia lainnya.

IHSG dalam satu bulan ini berhasil tumbuh 8,55%, sedangkan Hang Seng di Hong Kong hanya mampu tumbuh 7,42%. Lalu Shanghai Index juga hanya tumbuh 6,41% dan STI Singapura hanya tumbuh 4,64% dalam satu bulan.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading