Internasional

Kenapa Posisi Hong Kong Penting bagi China? Cek 4 Faktanya

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
19 June 2020 08:20
Hong Kong Peringatan Hari Tiananmen. AP/Kin Cheung

Jakarta, CNBC Indonesia - Upaya pemerintah China di Beijing menerapkan Undang-undang Keamanan Nasional di Hong Kong sekali lagi mencerminkan kekhawatiran bahwa otonomi kota administrasi China ini tengah dikompromikan, sudah tak lagi sebebas sebelumnya.

Pemerintahan Hong Kong, wilayah bekas koloni Inggris yang kembali ke pemerintahan China pada tahun 1997 ini memang berjalan berdasarkan prinsip "satu negara, dua sistem".

Mekanisme pemerintahan khusus ini memungkinkan Hong Kong mendapatkan beberapa kebebasan yang tidak dapat dinikmati oleh kota di China daratannya lainnya, seperti adanya kekuasaan pemerintahan sendiri, hak pemilihan terbatas, hak penggunaan mata uang sendiri (dolar Hong kong), dan sistem hukum yang sebagian besar bersifat independen.


Otonomi yang diberikan oleh China mendukung posisi Hong Kong sebagai pusat keuangan dan bisnis global. Ini juga yang menjadi alasan mengapa AS, yang membuat UU khusus Hong Kong, juga memperlakukan wilayah ini secara berbeda dari kota-kota China lainnya.

Tetapi dengan penerapan UU Keamanan Nasional, maka status khusus Hong Kong sekarang berada di bawah ancaman.

Ekonomi

Namun tak bisa ditampik, tetap saja, Hong Kong masih menjadi pintu gerbang penting antara China dan ekonomi di seluruh dunia. Kondisi ini membuat posisi Hong Kong kemungkinan akan tetap bertahan seperti ini dalam beberapa waktu ke depan, meskipun kontribusi Hong Kong terhadap pertumbuhan ekonomi China sudah berkurang selama bertahun-tahun.

"Jujur saja, saya pikir [kebebasan seperti] Hong Kong akan sulit untuk ditiru di tempat lain di (China). Saya pikir masuk akal untuk menggandakan visi besar Hong Kong yakni 'satu negara, dua sistem'," kata Kurt Tong, mantan konsul jenderal AS untuk Hong Kong dan Makau, kepada CNBC dalam program "Squawk Box Asia" awal Juni, dilansir CNBC, Jumat (19/6/2020).

Ekonomi China dan HK/CNBCFoto: Ekonomi China dan HK/CNBC
Ekonomi China dan HK/CNBC

Berikut adalah beberapa grafik yang menunjukkan beberapa alasan mengapa Hong Kong begitu penting bagi China, dilansir CNBC.

1. Pasar modal terbuka

Salah satu ciri paling jelas yang memisahkan Hong Kong dari wilayah China lainnya adalah posisinya sebagai ekonomi yang bebas dan terbuka. Keunggulan ini memungkinkan HK bisa menarik dana dari berbagai belahan dunia lebih efisien ketimbang kota-kota China daratan lainnya yang tunduk pada kontrol pemodal.

Akibatnya, makin banyak perusahaan China mengambil keuntungan dari akses Hong Kong ke investor global dalam hal pendanaan.

Keuntungan ini telah membantu Hong Kong menjelma menjadi pasar utama dunia untuk penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dalam 7 dari 11 tahun terakhir, termasuk pada 2019 ketika Hong Kong didera protes pro-demokrasi yang meluas dan berpotensi memicu kekerasan.

IPO China dan HK/CNBCFoto: IPO China dan HK/CNBC
IPO China dan HK/CNBC

Perusahaan China yang telah tercatat di Bursa Hong Kong di antaranya termasuk raksasa teknologi Alibaba dan JD.com.

"Kota ini juga menjadi pintu gerbang bagi investor China untuk berinvestasi di perusahaan internasional," kata Charles Li, Chief Executive Officer (CEO) Bursa Efek Hong Kong.

Posisi yang diraih Hong Kong ini bakal tetap bertahan dengan catatan akan lebih banyak perusahaan asing bisa menjual saham dalam IPO kepada investor di China daratan melalui pencatatan di Bursa Hong Kong.

"Ketika itu terjadi [IPO marak], kita akan melihat arus yang sangat, sangat berkelanjutan dari perusahaan-perusahaan asing yang ingin terdaftar [listing di bursa] di sini karena mereka dapat langsung menjual [saham] ke China, yang masih merupakan basis pemilik modal," kata Li kepada Emily Tan dari CNBC pada Rabu (17/6/2020).

Bursa Efek Hong Kong, Shanghai dan Shenzhen juga dihubungkan melalui program yang disebut stock connect. Hal ini memungkinkan investor untuk berdagang/trading, melalui pertukaran broker sekuritas yang mereka pilih.

Dari Yuan ke Minat Investasi Saham
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading