Wow! Pertumbuhan Ekonomi Hong Kong Melesat 7,8% di QI-2021

Market - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
03 May 2021 19:40
Hong Kong

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Hong Kong melaporkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal pertama 2021 mencapai 7,8%. Ini merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi dalam 11 tahun. Pencapaian ini pun merupakan kabar baik usai perekonomian jatuh ke titik terendah pada tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Dari sisi kuartalan, kinerja tersebut merupakan yang terbaik sejak kuartal pertama 2010. Realisasi itu juga menandai akhir dari penurunan pertumbuhan ekonomi Hong Kong selama enam kuartal yang dimulai pada kuartal ketiga 2019.

"Rebound tajam pada kuartal pertama mencerminkan pertumbuhan ekspor barang yang sangat kuat di tengah pemulihan ekonomi global yang dipimpin oleh China dan Amerika Serikat," kata juru bicara pemerintah sebagaimana dikutip South China Morning Post, Senin (3/5/2021).

"Namun, pemulihan ekonomi tidak merata dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan masih di bawah level pra-resesi. Ini karena pandemi dan pembatasan jarak sosial terus membebani segmen ekonomi tertentu, terutama yang melibatkan aktivitas yang berhubungan dengan konsumen," lanjutnya.



Sebelumnya, Menteri Keuangan Hong Kong Paul Chan Mo-po mengatakan pemulihan ekonomi Hong Kong bergantung pada upaya vaksinasi Covid-19 yang sedang berlangsung, pengeluaran yang signifikan untuk pekerjaan umum, dan pemanfaatan peluang bisnis yang berkembang di seberang perbatasan.

Pemerintah memproyeksikan PDB full year 2021 akan tumbuh antara 3,5% dan 5,5%. Rentang pertumbuhan itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan penurunan 6,1% tahun lalu.

Sebelumnya, PDB Hong Kong menyusut 2,8% (year on year) pada kuartal ketiga 2019 dan 3% pada kuartal keempat. Pada tahun 2020, pertumbuhan PDB turun 9,1% di kuartal pertama, 9% di kuartal kedua, 3,6% di kuartal ketiga, dan 3% di kuartal keempat.

Sementara itu China, yang notabene merupakan negara di mana Hong Kong bernaung, mengalami pertumbuhan PDB sebesar 18,3% di kuartal pertama 2021. Kenaikan itu merupakan pertumbuhan kuartalan tertinggi sejak data statistik terkait pertumbuhan ekonomi pertama kali diterbitkan pada tahun 1993.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading