Kabar Bos Bukalapak ke Telkom, Asing Borong TLKM Rp 119 M

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 June 2020 10:17
Muhammad Fajrin Rasyid (Foto: Rachmatunnisa/detikINET)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal menempatkan direksi milenial pertama di perusahaan telekomunikasi milik negara, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Menurut kabar yang beredar di pasar, salah satu calon direksi Telkom yang disebutkan usianya akan berada di bawah 40 tahun adalah Muhammad Fajrin Rasyid yang saat ini merupakan Presiden Bukalapak.

CNBC Indonesia berupaya meminta konfirmasi kepada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Alex Denni, namun dia hanya memberikan jawaban singkat namun tidak membenarkan atau menampik pertanyaan tersebut.


"Tunggu RUPS aja ya hari Jumat," kata Alex melalui pesan singkat kepada CNBC Indonesia, Rabu (17/6/2020).

Kabar ini sontak membuat saham Telkom mulai menggeliat. Pada perdagangan Kamis pagi ini pukul 09.54 WIB, saham TLKM sudah melesat 2,49% di posisi Rp 3.290/saham dengan kapitalisasi pasar Rp 325,91 triliun. Sepekan terakhir saham TLKM sudah melesat 7,14% dan sebulan terakhir naik 6,45%. Namun secara year to date saham induk usaha Telkomsel ini masih terkoreksi 17%.

Asing hari ini masuk Rp 119 miliar di saham Telkom dan sepekan terakhir melepas Rp 800 miliar, mengacu data BEI.

Adapun rencana untuk memasukkan direksi dari kalangan milenial ke perusahaan BUMN disampaikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dengan adanya direksi milenial ini diharapkan akan dapat memberikan perubahan-perubahan di perusahaan pelat merah dan mempersiapkan calon pemimpin BUMN selanjutnya.

"Saya percaya perubahan ini dari generasi muda, makanya Telkom sendiri bocoran nih, salah satu direksinya di bawah 40 tahun," kata Erick, Sabtu (13/6/2020).

Seperti diketahui Telkom akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB, Jumat (19/6/2020) akan dilaksanakan di Auditorium Telkom Landmark Tower.

Terdapat enam agenda yang akan dilaksanakan dalam rapat tersebut. Mulai dari persetujuan laporan tahunan tahun buku 2019 termasuk laporan pengawasan dari dewan komisaris.

Dalam rapat ini TLKM juga akan melakukan pengesahan laporan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) serta penetapan penggunaan laba bersih tahun lalu.

Acara keempat adalah penetapan tantiem dan remunerasi untuk direksi dan komisaris perusahaan dilanjutkan dengan penetapan kantor akuntan publik (KAP) yang akan mengaudit laporan keuangan 2020.

Agenda keenam dan terakhir adalah perubahan susunan pengurus perusahaan yang juga diagendakan dalam RUPST.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading