Jual Citos, Jiwasraya Sudah Terima DP Rp 1,4T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
31 March 2020 16:44
Calon pembeli telah memberikan uang muka (down payment/DP) senilai Rp 1,4 triliun.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) menyebutkan telah mendapatkan calon pembeli untuk aset yang akan dijual, Cilandak Town Square (Citos). Bahkan, calon pembeli telah memberikan uang muka (down payment/DP) senilai Rp 1,4 triliun.

Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko mengatakan calon pembeli Citos ini juga merupakan perusahaan pelat merah dalam bentuk konsorsium. Saat ini proses legal jual beli ini masih terus diselesaikan.

"Pembelian Citos masih proses, sudah terima Rp 1,4 triliun uang muka yang diterima lama sekali dari 2018 yang Rp 1,4 triliun ya," kata Hexana dalam video conference yang digelar hari ini, Selasa (31/3/2020).



Adapun pembeli Citos ini merupakan konsorsium perusahaan konstruksi dan asuransi BUMN yang dipimpin oleh PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Belum jelas berapa nilai pembelian aset tersebut.

"Sebaiknya tanya ke Wika aja ya, karena beliau yang lead konsorsium," kata Haris Gunawan, Direktur Keuangan Waskita Karya, kepada CNBC Indonesia, Selasa (31/3/2020).

CNBC Indonesia telah berupaya meminta konfirmasi kepada direktur utama Wijaya Karya Tumiyana, namun belum mendapatkan jawaban.

"Sebenarnya antarperusahaan BUMN, jadi yang paling cepat [Citos] diberikan [dijual] ke BUMN, gak diberikan kepada pihak umum," imbuh Hexana.

Kementerian BUMN sebelumnya menyebutkan masih membutuhkan izin dari parlemen untuk menjual aset-aset Jiwasraya termasuk Citos.

[Gambas:Video CNBC]


Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan penjualan Citos masih menunggu rapat oleh panitia kerja (panja) di DPR. Hingga saat ini belum bisa dipastikan pihak mana yang nantinya akan membeli mal di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini.

"Belum ada, orang kita juga belum dapat persetujuan DPR. Karena belum disetujui DPR masih dalam panja kita belum bisa [sampaikan]," kata Arya di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (12/3/2020). (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading