Gubernur BI: Menguat dan Stabil, Rupiah Mulai Membaik

Market - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
26 March 2020 12:48
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sudah membaik.
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sudah membaik. Kondisi kepanikan global mereda.

"Di pasar valas sejak Selasa dan hari ini membaik. Rupiah menguat dan cenderung stabil. Sejak Selasa mekanisme pasar berlangsung baik, Rp 16.520/US$ dari posisi sebelumnya," kata Perry dalam pernyataannya kepada media, Kamis (26/3/2020).

Perry mengapresiasi perbankan, industri non-bank, dan khususnya eksporir di mana mekanisme pasar berlangsung baik.


Bank sentral, lanjut Perry, juga terus menekankan siap menggunakan instrumen moneternya untuk stabilisasi.

"Di pasar valas kami lakukan kemudahan bagi para pelaku pasar termasuk investor asing di dalam transaksi di pasar valas," tuturnya.

"Investor asing dapat mudah, semakin baik dan menggunakan lindung nilai melalui DNDF [Domestic Non Delivery Forward]," lanjut Perry.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di perdagangan pasar spot hari ini, meski masih di atas level Rp 16.000/US$.

Pada Kamis (26/3/2020), US$ 1 dibanderol Rp 16.250/US$ di pasar spot. Rupiah menguat 1,22% dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin. Sebelumnya di pembukaan perdagangan rupiah menguat 1,52% ke Rp 14.200/US$.





[Gambas:Video CNBC]





(dru/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading