Fokus Investor

Ada Kabar Gagal IPO Hingga Taipan jadi Penasihat KSP

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
07 February 2020 08:23
Terdapat beberapa kabar pasar kemarin yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (6/2/2020) kembali ditutup dengan penguatan sebesar 0,14% ke level 5.987,15.

Kinerja IHSG senada dengan seluruh bursa saham utama kawasan Asia yang juga melaju di zona hijau: indeks Nikkei terapresiasi 2,38%, indeks Shanghai naik 1,72%, indeks Hang Seng menguat 2,64%, indeks Straits Times terkerek 0,94%, dan indeks Kospi bertambah 2,88%.

Terdapat beberapa kabar pasar kemarin yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.


1. BEI: Pencatatan Saham Nara Hotel Ditunda!
Bursa Efek Indonesia (BEI) akhirnya menunda pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO) PT Nara Hotel Internasional Tbk (NARA) yang semestinya dilakukan pencatatan (listing) pada Jumat besok (7/2/2020).

Direktur BEI I Gede Nyoman Yetna dan Direksi BEI Laksono W. Widodo dalam pengumuman pada Kamis malam mengatakan BEI menunda mencatatkan efek Nara Hotel hingga pengumuman lebih lanjut.

2. Usai Holding Farmasi, Kimia Farma Kaji Rencana Rights Issue
Emiten farmasi BUMN, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) sedang mengkaji rencana untuk menambah modal melalui Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue pada tahun ini. Rights issue ini untuk meningkatkan likuiditas saham KAEF di pasar.

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) sekaligus induk Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyatakan, saat ini porsi saham publik Kimia Farma atau floating rate masih sebesar 9,97% atau mewakili 554 juta saham publik. Sebesar 90,025% saham masih digenggam pemerintah.

3. Investasi Rp 22 T, Grup Salim Mau Bikin Tol Ulujami-Jati Asih
PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) bersama PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Acset Indonusa Tbk (ACST) dan PT Triputra Utama Selaras membentuk konsorsium dengan nama Jakarta Metro Expressway (JMEX). Perusahaan ini memperoleh izin prakarsa pada 21 Januari 2020 untuk mengusulkan pembangunan jalan tol prakarsa ruas Ulujami-Jati Asih sepanjang 22 kilometer (km).

Nilai investasi yang disiapkan mencapai Rp 21,5 triliun. Ruas tol ini nantinya diusulkan masuk melalui proyek Jakarta Outer Ring Road Elevated (JORR Elevated).

4. Muamalat 'Rekrut' Yusril Ihza Mahendra Muluskan Ilham Habibie
PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menunjuk Yusril Ihza Mahendra sebagai pakar hukum untuk mendampingi dalam proses masuknya konsorsium Al Falah Investment Pte. Ltd

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Bank Muamalat Achmad Kusna Permana kepada CNBC Indonesia.

"Pak Yusril akan mendampingi Bank Muamalat agar proses masuknya Konsorsium Al Falah berjalan mulus sesuai persetujuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pak Yusril juga akan mencari solusi, baik melalui perundingan maupun mengambil langkah hukum terhadap nasabah bermasalah, agar Bank Muamalat berkembang secara sehat," kata Achmad melalui layanan pesan singkat WhatsApp kepada CNBC Indonesia, Kamis (6/2/2020).

5. Bos Bank Mandiri: Pasar Modal Luar jadi Saingan Bank Lokal
Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) Royke Tumilaar mengatakan kondisi investasi akan lebih kondusif setidaknya pada semester kedua tahun ini seiring dengan masih adanya kekhawatiran global, termasuk corona virus yang berawal dari Wuhan, China.

Royke mengatakan Indonesia membutuhkan dana asing dari luar, tapi di tengah kondisi global yang tak pasti, justru aliran modal asing saat ini deras masuk ke Indonesia sehingga mestinya bisa menjadi momentum bagi pelaku pasar untuk memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik.

6. Kemitraan Blue Bird-Gojek Berlanjut, Berdampak ke Kinerja?
Emiten jasa transportasi PT Blue Bird Tbk (BIRD) melanjutkan kolaborasi kerja sama dengan Gojek setelah bermitra pada 1 Februari 2017 atau 3 tahun lamanya. Kerja sama itu diperpanjang lagi pada 4 Februari 2020.

Direktur Utama BIRD Noni Sri Ayati Purnomo dan Direktur BIRD Adrianto Djokosoetono, mengatakan mengalahkan kolaborasi perseroan dengan Gojek akan menunjang secara langsung kegiatan operasional perseroan dan anak-anak perusahaan.

7. Bos Garudafood Jadi Penasihat KSP, Begini Jejaring Bisnisnya
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko akan dibantu oleh 13 penasihat yang akan membantu pekerjaan di Kantor Staf Presiden (KSP). Salah satu nama yang menyita perhatian pasar modal ialah pemilik grup Garudafood, Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto.

Selain itu, ada nama mantan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. "Sudah ada penasihat senior. Iya [Andi Widjajanto] sudah," ujar Moeldoko saat dikonfirmasi, Kamis (6/2/2020).

8. Bank Mega Targetkan Transaksi Kartu Kredit Tumbuh 20% di 2020
Bank Mega menargetkan pertumbuhan transaksi kartu kredit tahun ini mencapai 20% persen dibanding dengan tahun lalu. Sepanjang tahun 2019, setidaknya ada 1,5 juta kartu kredit Bank Mega yang beredar di Masyarakat.

"Ekspektasinya bisa tumbuh 20 persen untuk nilai transaksinya juga," ujar Direktur Konsumer Bank Mega, Diza Larentie saat peluncuran program "Keliling Dunia Bersama Mega" di Transpark Bintaro, Kamis (6/2/2020).

9. Nih, Kabar Terbaru Proses Pembubaran 6 Reksa Dana Minna Padi
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan perintah pembubaran (likuidasi) enam reksa dana PT Minna Padi Aset Manajemen pada 21 November 2019 silam. Adapun proses pembubaran dan likuidasinya paling lama 60 hari bursa sejak pengumuman tersebut.

Apa update-nya hingga saat ini?

PT Minna Padi Aset Manajemen (MPAM) ternyata masih kesulitan menjalankan proses pembubaran dan likuidasi. Adapun saat ini hasil akhir proses likuidasi sudah masuk ke tahap audit yang diharapkan akan rampung pada tanggal 18 Februari 2020, yang merupakan batas akhir proses pembubaran yang ditetapkan. 
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading