Simak Kabar Aksi Korporasi dari Sejumlah Emiten

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
23 January 2020 08:57
Kinerja IHSG berbanding terbalik dengan seluruh bursa saham utama kawasan Asia
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan ditutup melemah 0,08% ke level 6.233,45 pada perdagangan Rabu kemarin (23/1/2020).

Kinerja IHSG berbanding terbalik dengan seluruh bursa saham utama kawasan Asia yang justru ditransaksikan di zona hijau: indeks Nikkei terapresiasi 0,7%, indeks Shanghai menguat 0,28%, indeks Hang Seng naik 1,27%, indeks Straits Times terkerek 0,2%, dan indeks Kospi bertambah 1,23%.

Cermati aksi dan peristiwa emiten berikut ini yang dihimpun dalam pemberitaan CNBC Indonesia sebelum memulai perdagangan Kamis (23/1/2020):


1. MTN Sudah Lunas, Benny Tjokro tak Punya Utang ke Jiwasraya
Direktur Utama PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki utang terhadap PT Asuransi Jiwasraya (Persero), terutama untuk surat utang jangka menengah (medium term notes/MTN).

Hal tersebut disampaikan oleh kuasa hukum Benny Tjokro, Bob Hasan kepada CNBC Indonesia, Rabu (22/1/2020), menanggapi pernyataan Kejaksaan Agung. Selain itu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga pernah mempermasalahkan MTN yang diterbitkan Hanson.

"Setelah MTN ditebus pada 2016, maka tidak ada yang nyangkut di Jiwasraya. Artinya sudah sudah dibayar, tidak ada yang gagal bayar. Saya tegaskan tidak ada pernah gagal bayar dan dirugikan," ujar Bob Hasan.

2. Pak Erick, Begini Problematika Kalau Dapen BUMN Dilebur
Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) buka suara terkait dengan rencana Menteri BUMN Erick Thohir melebur dana pensiun (dapen) BUMN dalam satu pengelolaan.

Ketua ADPI Suheri menilai akan timbul beberapa kendala jika pemerintah memutuskan untuk melakukan penggabungan beberapa dapen yang dikelola secara mandiri oleh beberapa perusahaan pelat merah. Sejumlah kendala mulai dari penyesuaian program hingga strategi investasi yang telah diformulasikan untuk program yang ditetapkan.

"Yang dikhawatirkan kalau program beda, pendiri sudah menentukan arah untuk mewujudkan target, kan ada sinkronisasi juga. Tapi apa strategi itu bisa memenuhi kebutuhan program tersebut. Karena tujuan investasi dana pensiun kan untuk memenuhi kewajiban," kata Suheri kepada CNBC Indonesia, Selasa (21/1/2020).

3. MIND ID Siapkan Belanja Modal Rp 25 T di 2020
Mining Industry Indonesia (MIND ID) selaku holding industri pertambangan Indonesia tahun ini akan mengeluarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 24 - 25 triliun.

Direktur Utama PT Inalum (Persero) atau MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan capex ini akan digunakan untuk menggarap enam proyek.

"Dari sisi rencana kami membutuhkan capex Rp 24-25 triliun," ungkapnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi VII DPR RI, Rabu, (22/01/2020).

4. Semester I, BNI Terbitkan Global Bond US$ 500 Juta
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) berencana menerbitkan obligasi dalam denominasi dollar atau global bond senilai US$ 500 juta, setara Rp 7 triliun. Obligasi ini rencananya akan dirilis pada semester pertama tahun 2020.

Bob Tyasika Ananta, Direktur Tresuri dan Internasional BNI menjelaskan, global bond tersebut sudah berada dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) BNI.

"Rencana itu sudah ada dalam RBB kita dan akan kita lakukan di 2020, menerbitkan global bond US$ 500 juta," kata Bob, dalam gelaran paparan publik perseroan di Wisma BNI, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

5. Sah! Irfan Setiaputra Jadi Dirut & Triawan Munaf Komut Garuda
Pemegang saham PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akhirnya menetapkan pengurus baru perseroan. Irfan Setiaputra ditetapkan sebagai Dirut dan Komisaris Utama adalah Triawan Munaf, yang mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Berikut ini, nama-nama pengurus, komisaris dan direksi baru Garuda.

Komisaris
  • Komisaris Utama: Triawan Munaf
  • Wakil Komisaris Utama: Chairal Tanjung
  • Komisaris Independen : Yenny Wahid
  • Komisaris Independen: Elisa Lumbantoruan
  • Komisaris : Peter Gontha

Direksi:
  • Direktur Utama : Irfan Setiaputra
  • Wakil Direktur Utama : Dony Oskaria
  • Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko : Fuad Rizal
  • Direktur Operasi : Tumpal Manumpak Hutapea
  • Direktur Human Capital : AryaperwiraAdileksana
  • Direktur Teknik : Rahmat Hanafi
  • Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan IT : Ade R. Susardi
  • Direktur Niaga dan Kargo : M. Rizal Pahlevi

6. Heru Hidayat Tersangka Jiwasraya, Saham Trada Dijual Rp 623 M
PT Graha Resources, pemegang saham pengendali PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), menjual sebagian besar saham Trada yang dipegangnya dengan tujuan divestasi langsung.

TRAM adalah salah satu emiten di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menjadi sorotan karena terkait dengan kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang disidik Kejaksaan Agung (Kejagung). Heru Hidayat, Komisaris Utama TRAM menjadi satu dari lima tersangka kasus Jiwasraya dan ditahan sementara oleh Kejagung.

Graha Resources menjadi perusahaan terafiliasi dari TRAM mengingat Heru masih menjabat sebagai Direktur Graha.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading