Sebelum Transaksi Saham Pekan Ini, Yuk Update Kabar Pasar

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 February 2020 08:33
Terdapat beberapa aksi emiten yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan lalu Jumat (31/1/2020) ditutup dengan posisi koreksi 1,94% ke level 5.940,05.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan di zona merah: indeks Hang Seng turun 0,52%, indeks Straits Times terkoreksi 0,61%, dan indeks Kospi terpangkas 1,35%.


Terdapat beberapa aksi emiten yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.


1. Pejabat AirAsia Diduga Terima Suap dari Airbus
Regulator Sekuritas Malaysia mengatakan akan menyelidiki apakah Grup AirAsia dan unit AirAsia X benar telah melanggar undang-undang pasar modal.

Pernyataan itu disampaikan pada Minggu (2/2/2020), setelah jaksa penuntut Inggris menuduh eksekutif maskapai AirAsia menerima suap dari Airbus untuk membeli pesawat mereka.

2. Benny Tjokro Menjawab Jiwasraya: Kok Cuma Hanson?
Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro kembali diperiksa oleh penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya, Jumat (31/1/2020). Saat itu, tempat pemeriksaan bukan di Kejagung, melainkan di Kantor KPK.

Seusai diperiksa sekitar pukul 22.07 WIB, Benny Tjokro yang memakai rompi tahanan. Ia tak berkomentar apa pun saat keluar dari gedung KPK.

3. KFC Siap Buka Gerai Taco Bell, Harga Saham FAST Apa Kabar?
Emiten pengelola gerai ayam goreng franchise KFC milik Grup Salim, PT Fastfood Indonesia Tbk (FAST) akan membuka gerai baru restoran cepat saji Taco Bell di Indonesia, usai mendapatkan lisensi waralaba dari restoran keluarga yang terkenal dengan menu tacos dan pizza itu.

"Perihal pembukaan gerai baru, Taco Bell, adalah benar bahwa perusahaan telah mendapatkan lisensi untuk mengoperasikan franchise Taco Bell," kata Direktur FAST J Dalimin Juwono, dalam suratnya menjawab pertanyaan Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip CNBC Indonesia, Jumat (31/1/2020).

4. Digeledah Kejagung soal Jiwasraya, Ini Jawaban Mirae Asset
Manajemen PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menjelaskan kepada para nasabahnya terkait dengan beredarnya pemberitaan hubungan Mirae dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang tengah disidik oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Dalam surat tertanggal 28 Januari 2020, kepada para nasabahnya yang diperoleh CNBC Indonesia, direksi Mirae menjelaskan empat perihal terkait dengan persoalan tersebut.

5. IHSG Jatuh Hampir 2%, BEI: Masih Wajar!
Laju indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi cukup tajam sepanjang perdagangan hari ini, Jumat (31/1/2020) di tengah sentimen meluasnya virus korona yang menjadi kecemasan global.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono Widodo menilai terkoreksinya IHSG pada perdagangan hari ini masih terbilang wajar.

"Namanya juga pergerakan saham, masih dalam batas wajar," kata Laksono saat dihubungi CNBC Indonesia, Jumat (31/1/2020).

6. Bandel! Telat Setor Lapkeu, 6 Saham Disuspen BEI
Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham atas 6 emiten karena belum menyampaikan laporan keuangan per September 2019.

Keenam emiten tersebut antara lain: PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (FOOD), PT Golden Plantation Tbk (GOLL), PT Sugih Energy Tbk (SUGI), PT Evergreen Invesco Tbk (GREN), PT Nipress Tbk (NIPS) dan PT Cakra Mineral Tbk (CKRA).
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading