Begini Kisah 'Cuan' Besar Northstar Investasi di BTPN

Market - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
30 January 2020 12:09
Patrick Walujo menceritakan kisah suksesnya berinvestasi di PT Bank BTPN Tbk (BTPN).
Jakarta, CNBC Indonesia - Co-founder dan Managing Partner Northstar Patrick Walujo menceritakan kisah suksesnya berinvestasi di PT Bank BTPN Tbk (BTPN). Bank yang dulu bernama PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk tersebut kini sudah diakuisisi oleh Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC).

Patrick Walujo mengatakan 10 tahun lalu, pihaknya memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia karena melihat pertumbuhan ekonomi yang selalu tinggi dan adanya potensi dari sisi konsumer.

"Kita pun cari peluang menarik seperti BTPN. Bank ini unik karena memberikan pensiunan dan bisnis berkelanjutan," ujarnya di Jakarta, Kamis (30/1/2020).



"Ada pula sosok Jerry Ng [eks Dirut BTPN] yang memberikan pembiayaan pedagang-pedagang kecil. Maka dari itu kami ingin investasi di BTPN," ujarnya.

Informasi saja, sebelum diakuisisi Sumitomo Mitsui Banking Corporation, pemegang saham terbesar BTPN adalah Texas Pacific Group (TPG) Nusantara. Ini adalah perusahaan patungan antara TPG dan Northstar Pacific Partners.

Pada 2013, Sumitomo Mitsui sepakat untuk membeli saham BTPN sebesar Rp 9,21 triliun. Pada 2015, kembali membeli saham BPTN mencapai Rp 5,9 triliun. Padahal TPG mengakuisisi BTPN Pada 2008 senilai US$ 195 juta atau setara dengan Rp 2,6 triliun (asumsi kurs Rp 13.600/US$).


[Gambas:Video CNBC]



(roy/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading