Jiwasraya, Asabri & Taspen, Siapa Berkinerja Paling Positif?

Market - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
30 January 2020 10:55
Tiga perusahaan asuransi jiwa dan asuransi sosial milik pemerintah mendapat sorotan publik.

Jakarta, CNBC Indonesia- Tiga perusahaan asuransi jiwa dan asuransi sosial milik pemerintah mendapat sorotan publik dalam beberapa bulan terakhir sejak akhir 2019. Ketiganya yakni PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Asabri (Persero), dan PT Taspen (Persero).

Jiwasraya disorot lantaran gagal bayar polis produk bancassurance JS Saving Plan yang jatuh tempo pada Oktober-Desember 2019 sebesar Rp 12,4 triliun dan membengkak menjadi Rp 16 triliun tahun ini. Jiwasraya juga tengah masuk penyidikan Kejaksaan Agung soal dugaan korupsi dan kini sudah menetapkan lima orang tersangka.

Sementara Asabri menyeruak namanya ke publik usai Jiwasraya. Asabri diketahui mengalami penurunan nilai investasi (potential loss) khususnya berkaitan dengan penempatan di saham dan reksa dana.


Adapun Taspen juga sempat ramai lantaran kasus Jiwasraya membuat mata publik juga mengarah pada perusahaan pengelola duit para PNS di Tanah Air ini. Bahkan mengacu laporan keuangan 2018, Taspen juga mengalami potential loss atas saham-saham yang kategorinya saham unggulan di pasar modal seiring dengan penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2018.

Mari kita lihat laporan kinerja ketiga perusahaan ini.

[Gambas:Video CNBC]


Kinerja Jiwasraya 2019
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading