Internasional

Sah! Perang Dagang (Sementara) Selesai, AS-China Teken Damai

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 January 2020 06:09
AS-China akhirnya meneken perjanjian perdamaian dagang.
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah dua tahun berkonflik soalĀ perdagangan akhirnya dua ekonomi top dunia, Amerika Serikat (AS) danĀ China berdamai, Rabu (15/1/2020) waktu setempat.

Meski baru sebagian alias Fase I, kedua negara sepakat menyelesaikan sejumlah permasalahan. Mulai dari pembelian sejumlah produk pertanian AS ke China, termasuk perlindungan teknologi AS.


Namun pemotongan tarif barang impor China belum masuk dalam perjanjian Fase i ini, kemungkinan akan dibahas di Fase II setelah November 2020, Presiden AS Donald Trump menganggap perjanjian ini penting.


"Hari ini, kami mengambil langkah penting, yang belum pernah dilakukan sebelumnya dengan China, yang akan memastikan perdagangan yang adil dan saling menguntungkan," kata Trump saat upacara penandatanganan di Gedung Putih, Washington, AS, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Bersama-sama, kita (akan) memperbaiki kesalahan masa lalu," kata Trump lagi.

"Negosiasi ini sulit bagi kami. Tapi ini terobosan yang sangat luar biasa."

Sayangnya, selain tidak ada kesepakatan soal tarif, Fase I damai dagang AS-China juga tidak dihadiri Presiden China Xi Jinping. Negeri Panda itu diwakilkan oleh Perdana Menteri China Liu He, yang memang memimpin negosiasi selama ini dengan Perwakilan Dagang AS (USTR).

"Kesepakatan ini baik untuk China, untuk AS dan seluruh dunia," ucap Liu membacakan surat Xi kepada Trump.


Sah! Perang Dagang (Sementara) Selesai, AS-China Teken DamaiFoto: Infografis/Saling balas serangan AS VS CHINA/Aristya Rahadian krisabella

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading