Akuisisi Bank Artos, Hadiah Natal Jerry Ng & Patrick Walujo

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
26 December 2019 19:15
Sehari setelah perayaan Natal 2019, PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO) resmi diakuisisi oleh Jerry Ng dan pengusaha Patrick Walujo.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sehari setelah perayaan Natal 2019, PT Bank Artos Indonesia Tbk (ARTO) resmi diakuisisi oleh bankir senior Jerry Ng dan pengusaha Patrick Walujo.

Berdasarkan Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (26/12/2019) Jerry Ng mengakuisisi Bank Arto melalui PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI).
Direktur MEI, Anika Faisal mengatakan aksi korporasi ini terjadi pada hari ini, 26 Desember 2019. Adapun jumlah saham yang diakuisisi adalah sebesar 454,15 juta lembar saham dengan harga Rp 395/saham.

Jika ditotal berdasarkan jumlah tersebut, nilai akuisisi ini setara dengan Rp 179,39 miliar. Artinya, setelah transaksi ini maka MEI memiliki 37,65% saham di Bank Arto.

Bersamaan dengan transaksi ini, Patrick Sugito Walujo juga masuk ke Bank Artos melalui Wealth Track Technology Limited dengan kepemilikan 13,35%. Harga akuisisi ini juga sama, yakni Rp 395/saham.


Patrick membeli 161,03 juta saham Bank Artos sehingga harus rela merogoh kocek sebesar Rp 63,6 miliar.

Meski demikian, pada dasarnya transaksi akuisisi ini telah molor lebih dari 1 bulan dibandingkan rencana sebelumnya.

Berdasarkan prospektus akuisisi yang diterbitkan sebelumnya, perkiraan transaksi jual beli saham ini selesai pada 13 November 2019 dengan perkiraan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) turun pada pekan pertama November 2019.

Sesuai aturan yang berlaku, aksi korporasi ini memang harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari OJK. 


Seorang eksekutif yang terkait dengan transaksi ini beberapa waktu lalu mengakui kepada CNBC Indonesia bahwa molornya akuisisi karena izin dari OJK belum turun.

Meski bukan sinterklas, tetapi OJK pun akhirnya merestui akuisisi ini dan menjadi hadiah natal bagi Jerry Ng maupun Patrick Walujo.

Artikel Selanjutnya

Proyeksi Arah Kinerja Bank Artos Pasca Diakuisisi Jerry Ng


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading