Internasional

Kado Natal Trump: AS-China Teken Damai Dagang Januari 2020?

Market - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
26 December 2019 07:28
Kado Natal Trump: AS-China Teken Damai Dagang Januari 2020?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping dikabarkan akan melangsungkan upacara penandatanganan Fase 1 kesepakatan perdagangan AS-China.

Bahkan, hal tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat, tepatnya minggu pertama Januari 2020.


"Ya, kami akan mengadakan upacara penandatanganan," kata Trump kepada wartawan, seperti dilansir dari Reuters.



"Pada akhirnya, ya, ketika kita akan bersama, kami akan melakukan penandatanganan yang lebih cepat, karena kami ingin menyelesaikannya."


Sementara itu Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengungkapkan tim ekonomi dan perdagangan kedua negara sudah berkomunikasi soal detail pengaturan untuk penandatanganan kesepakatan.

Namun sayangnya, Beijing belum mengkonfirmasi komponen spesifik dari kesepakatan yang dirilis oleh para pejabat AS. Namun, juru bicara Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa rincian kesepakatan akan diumumkan setelah penandatanganan resmi.


Sebelumnya, dalam wawancara dengan CNBC International, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengungkapkan bahwa dirinya optimistis kesepakatan dagang akan bisa diteken pada bulan Januari.


Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer juga pernah mengatakan bahwa perwakilan dari kedua negara akan menandatangani perjanjian kesepakatan perdagangan Fase 1 pada minggu pertama Januari.

Jumat (20/12/2019) lalu, Trump juga sempat mencuitkan penegasannya. Trump memosting sebuah cuitan yang isinya mengatakan bahwa dirinya telah melangsungkan "pembicaraan yang sangat baik" dengan Presiden China Xi Jinping.

Dikatakannya ada beberapa hal yang ia bicarakan. termasuk kesepakatan dagang kedua negara. Pembicaraan tersebut dilakukan melalui sambungan telepon.

"Telah melangsungkan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari China terkait kesepakatan dagang kami yang begitu besar. China telah memulai pembelian produk agrikultur dan produk-produk lainnya secara besar. Formalisasi kesepakatan dagang sedang disiapkan. Juga berbicara mengenai Korea Utara, di mana kami bekerja sama dengan China, & Hong Kong (progres!)," cuit Trump melalui akun Twitter

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading