Saat Bos Astra Merasa 'Dicambuk' Jokowi soal Ekspor Mobil

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 December 2019 13:02
Saat Bos Astra Merasa 'Dicambuk' Jokowi soal Ekspor Mobil
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Prijono Sugiarto merasa 'tercambuk' dengan Presiden Jokowi yang menaruh perhatian besar pada industri otomotif. Presiden Jokowi memang ingin ekspor mobil digenjot hingga 1 juta unit per tahun dari saat ini sekitar 300 ribuan unit.

"Terima kasih banyak untuk usaha Bapak [Jokowi] pada pagi hari ini di sela-sela kesibukan bapak untuk meluangkan waktu, tentu ini merupakan satu cambuk buat kami semua agar bisa mengekspor lebih," kata Prijono saat peresmian ekspor perdana produk Isuzu Traga di pabrik Isuzu Karawang Plant, Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Kamis (12/12/2019).

Ekspor mobil  Indonesia tahun lalu memang masih mencapai 346 unit dengan nilai US$ 4,78 miliar (sekitar Rp 66,9 triliun) sedangkan tahun ini ditargetkan 450 ribu unit.



Nilainya memang masih jauh di bawah ekspor unggulan Indonesia seperti minyak sawit mentah atau CPO yang tahun lalu mencapai US$ 17 miliar. Prijono juga berharap ekspor mobil akan menjadi pilar selain ekspor CPO Indonesia, juga perseroan.

"Mudah-mudahan setara dengan CPO," katanya.

Astra melalui PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memulai ekspor produk pikap andalannya yaitu Traga ke pasar ASEAN, hari ini, Kamis (12/12/2019). Ekspor ke pasar ASEAN bakal meningkatkan pendapatan hingga 20% pada tahun depan.

"Isuzu Astra Motor Indonesia ini bisa mengekspor paling tidak 6.000 unit dulu," katanya.

Presiden Jokowi menghadiri peresmian ekspor perdana produk Isuzu Traga di pabrik Isuzu Karawang Plant, Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Kamis (12/12/2019)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi ternyata sempat menyampaikan permintaan khusus kepada Prijono Sugiarto. Bahkan, pesan ini sejatinya diberikan kepada seluruh industri otomotif tanah air.

"Saya sampaikan kepada seluruh keluarga besar otomotif, 2024 minimal satu juta [unit] harus keluar dari Indonesia. Caranya gimana, enggak mau tahu. Yang jelas saya lihat pak Prijono sudah salaman sama Menko [Perekonomian] dan Menperin," kata Jokowi.

Simak review pasar otomotif 2019

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading