Satu Kalimat Trump Bantu Rupiah Hari Ini, Besok? Lihat Nanti

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
05 December 2019 08:07
Damai Dagang AS-China Bisa Terganggu

Damai Dagang AS-China Bisa Terganggu

Akan tetapi, sebenarnya tetap ada risiko kesepakatan damai dagang AS-China terganggu. Ada faktor-faktor di luar ekonomi yang bisa mempengaruhi relasi Washington-Beijing.

Belum lama ini, Trump meneken Undang-undang (UU) soal penegakan demokrasi dan hak asasi manusia di Hong Kong. Sesuatu yang memancing amarah China karena AS dinilai terlalu ikut campur urusan dapur orang lain.

Kini, US House of Representatives (bagian dari Kongres AS) sudah menyetujui UU Uighur Act of 2019. Isinya adalah penegakan hak asasi manusia kepada etnik minoritas Uighur yang mendiami wilayah Xinjiang, China. Ramai dikabarkan bahwa etnik ini menjadi sasaran represi pemerintah, bahkan sampai ditempatkan dalam 'kamp konsentrasi'.



UU ini harus disetujui juga oleh Senat. Jika dua kamar di Kongres AS sudah setuju, maka selanjutnya akan dioper ke meja Trump.

Seperti halnya Hong Kong, China pun murka dengan langkah terbaru AS. Beijing berjanji akan melakukan serangan balasan jika Trump sampai ikut menandatangani UU Uighur Act of 2019.

"Apakah Anda pikir ketika AS melakukan sesuatu yang melukai China kami tidak akan mengambil tindakan? Saya rasa setiap perkataan dan tindakan yang salah harus membayar konsekuensinya," tegas Hua Chunying, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, kala menjawab pertanyaan apakah isu Uighur bisa mempengaruhi negosiasi damai dagang, seperti dikutip dari Reuters.

Oleh karena itu, masih ada kemungkinan AS-China bakal tegang lagi. Benar kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ketidakpastian memang masih sangat tinggi dengan pola yang berubah dengan sangat cepat.


"Kita dihadapkan kepada situasi berharap, kecewa, berharap, kecewa," ujar Sri Mulyani dalam pidatonya di acara CNBC Indonesia Award 2019, malam tadi.

Well, hari ini pasar pesta-pora karena satu kalimat dari Trump. Namun tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi besok. Waspadalah, waspadalah!


TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading