Pertamina-Mandiri, Erick Thohir Cari Dirut Baru 5 BUMN Kakap!

Market - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
06 November 2019 09:43
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dikabarkan tengah menyiapkan sejumlah nama untuk mengisi sekaligus mengganti posisi direktur utama di sejumlah perusahaan pelat merah kelas kakap.

Setidaknya, lima BUMN raksasa yang akan diprioritaskan untuk mendapat bos baru. Informasi yang diterima dan dikumpulkan oleh CNBC Indonesia, kelima BUMN tersebut adalah PT Inalum (Persero) atau MIND ID, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero).

Hingga saat ini, Erick mengkonfirmasi tiha di antara lima BUMN tersebut memang sedang dikebut untuk mencari penggantinya, yakni untuk BTN, Mandiri, dan Inalum.


Untuk BTN, Erick mengaku telah mengantongi nama pengisi jabatan nomor satu di BTN, dan akan diumumkan di akhir bulan November.



"Akhir November. Jadinya akhir bulan. Karena masih dalam proses me-review juga, dirutnya juga sudah ada," tutur Erick.

Posisi Dirut BTN kosong setelah Suprajarto membuat kejutan dengan menolak penugasan Kementerian BUMN untuk menjadi Direktur Utama BTN. Suprajarto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengaku tidak pernah diajak komunikasi untuk penetapan tersebut.

Dua BUMN lainnya yang ia konfirmasi adalah Inalum dan Bank Mandiri. Untuk diketahui, Direktur Utama Inalum sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin dan Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri BUMN.

[Gambas:Video CNBC]



Erick menjelaskan, Direktur Utama untuk Bank Mandiri sudah disiapkan orangnya, hanya tinggal menunggu pengumuman saat rapat umum pemegang saham (RUPS) Desember mendatang.

"Dirut Mandiri udah diutus, kita tunggu aja di RUPS-nya tanggal 8 Desember. Kalau Inalum belum," kata Erick di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (5/11/2019).

Kendati demikian, Erick menjelaskan sistem pengangkatan Dirut Inalum tidak akan sama lagi seperti sistem yang diterapkan oleh Menteri BUMN 2015-2019 Rini Soemarno Sebelumnya.

Di tangan Erick, sistem pengangkatan Dirut Inalum akan melalui tim penilai akhir [TPA] terlebih dahulu.

Kursi Panas PLN & Pertamina
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading