Internasional

Top! Akhirnya Inggris Deal dengan Eropa Soal Brexit

Market - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
17 October 2019 17:13
Top! Akhirnya Inggris Deal dengan Eropa Soal Brexit
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Komite Uni Eropa (EUCO) Jean Claude Juncker mengumumkan bahwa Uni Eropa dan Inggris sudah membuat kesepakatan terkait Brexit. Brexit adalah akronim yang merujuk pada rencana keluarnya Inggris dari UE, yang dijadwalkan 31 Oktober nanti.

"Jika ada keinginan pasti ada kesepakatan- Kita sudah dapatkan itu!," tulis Juncker di Twitternya sebagaimana dikutip CNBC Indonesia dari AFP, Kamis (17/10/2019).


"Ini adalah kesepakatan yang adil dan seimbang untuk UE dan Inggris dan ini adalah sebuah perjanjian dari komitmen kami untuk menemukan solusi," tulisnya lagi.


Ia bahkan meminta EUCO untuk mengesahkan deal yang dibuat. Para pemimpin EUCO hari ini mengadakan pertemuan di Brussel, Belgia.

Masalah deal atau tidak deal-nya Brexit sudah menjadi polemik di Eropa beberapa tahun ini. Sebelumnya Perdana Menteri Inggris Boris Johnson kerap mengatakan pihaknya akan tetap keluar dari UE sesuai jadwal akhir bulan nanti.

Pada kuartal II-2019, ekonomi Negeri John Bull alias Inggris tumbuh 1,2%. Melambat dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu 1,8% dan menjadi angka terendah sejak awal 2018. Sementara untuk periode Mei-Juli, ekonomi Inggris tidak tumbuh alias 0%.

"Pertumbuhan ekonomi stagnan karena kontraksi di sektor konstruksi dan manufaktur. Sementara sektor jasa, yang menyumbang sebagian besar aktivitas ekonomi, masih tumbuh, tetapi melambat sepanjang 2019," kata Rob Kent-Smith, Ekonom Biro Statistik Inggris (ONS).



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading