Jokowi Resmikan Palapa Ring, Saham ISAT & EXCL Melesat!

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
15 October 2019 11:37
Jokowi Resmikan Palapa Ring, Saham ISAT & EXCL Melesat!

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham emiten telekomunikasi bergerak variatif pada perdagangan Selasa ini (15/10/2019). Saham PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) melesat hari ini, sementara dua saham emiten telekomunikasi lainnya ambruk di tengah kabar peresmian Proyek Palapa Ring oleh Presiden Joko Widodo pada Senin kemarin (14/10).

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, pukul 11.18 WIB, saham ISAT melesat 4,93% di level Rp 3.180/saham dengan beli bersih asing (net buy) Rp 16,34 miliar. Sementara saham EXCL naik tipis 0,86% di level Rp 3.520/saham dengan jual bersih asing (net sell) Rp 7,24 miliar.

Adapun saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) anjlok 2,98% di level Rp 163/saham dengan net sell asing Rp 6,72 miliar, sedangkan saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) minus 0,72% di level Rp 4.160/saham dengan net sell Rp 1,78 miliar di semua pasar.




Senin kemarin, Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Palapa Ring atau tol langit. Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 Km.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan, tersambungnya proyek Palapa Ring akan menghadirkan kualitas internet cepat bagi 514 kabupaten kota yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Jadi mulai saat ini, Agustus kemarin, dari 514 kabupaten kota, tidak ada yang tidak dihubungkan oleh jalan tol tadi," kata Rudiantara di Jakarta, Senin kemarin.

Rudiantara lantas menceritakan bagaimana jatuh bangun proyek Palapa Ring yang sejak 2005 tidak pernah tereksekusi. Proyek ini, akhirnya baru terlaksana pada 2015 lalu pasca mendapatkan kepastian pembangunan.


"Terima kasih Pak Bambang [Bambang Brodjonegoro] yang waktu itu mengeluarkan AP [availability payment] dan ibu Sri Mulyani [Menteri Keuangan] yang mengeluarkan AP untuk Palapa Ring seterusnya," tegasnya.

Khusus Indosat, sebelumnya juga sudah meneken Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pemanfaatan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi (BAKTI).

Namun kenaikan saham ISAT pada hari ini juga ditopang sentimen penjualan menara. Operator seluler Indosat Ooredoo mengumumkan penandatanganan perjanjian jual-beli (Sales and Purchase Agreement/SPA) dengan PT Daya mitra Telekomunikasi (Mitratel) dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo).

Keduanya menjadi pemenang tender penjualan 3.100 menara telekomunikasi milik Indosat. Mitratel memenangkan 2.100 menara, sementara Protelindo memenangkan 1.000 menara sehingga nilainya mencapai Rp 6,39 triliun.

(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading