Harapan Damai Dagang AS-China Angkat Harga Minyak

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
08 October 2019 09:50
Harapan Damai Dagang AS-China Angkat Harga Minyak
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah global diperdagangkan menguat pagi ini. Kenaikan harga si emas hitam disebabkan oleh harapan damai dagang Amerika Serikat (AS)-China.

Pada Selasa (8/10/2019) pukul 09:41 WIB, harga minyak jenis brent naik 0,5%. Sementara yang jenis light sweet naik 0,63%.




Pekan ini, investor menanti dialog dagang AS-China yang berlangsung di Washington. Ada harapan bahwa kedua negara dapat mencapai kesepakatan yang signifikan, meski jalan menuju damai dagang sepertinya masih cukup jauh.

"Kami rasa ada peluang untuk mencapai sesuatu yang substansial. Saya ingin ada kesepakatan besar, dan itu memang menjadi tujuan kami," kata Presiden AS Donald Trump, seperti diwartakan Reuters.

Dialog kali ini adalah tingkat menteri, di mana kontingen AS dipimpin oleh Kepala Perwakilan Dagang Robert Lighthizer. Sedangkan delegasi China dikomandoi oleh Wakil Perdana Menteri Liu He.

Jika dialog dagang AS-China berhasil membuahkan hasil positif, maka peluang menuju perdamaian akan semakin terbuka. Perang dagang kedua negara yang berlangsung selama lebih dari setahun terakhir terbukti telah merusak rantai pasok global dan memperlambat laju pertumbuhan ekonomi global.

Jadi saat keduanya sudah tidak lagi saling hambat, maka rantai pasok akan kembali pulih. Arus perdagangan, investasi, dan laju pertumbuhan ekonomi bakal kembali kencang.

Ketika itu terjadi, maka permintaan energi akan meningkat. Hasilnya adalah sentimen positif yang mengangkat harga minyak.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(twg/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading