Analisis

Trump Batal Usir Emiten China, Emas Makin Susah Naik Nih...

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
30 September 2019 14:25
Pasar masih penuh ketidakpastian, tetapi emas masih melempem juga. Dolar AS yang sedang perkasa menjadi salah satu penekan harga emas.
Jakarta CNBC Indonesia - Harga emas dunia kembali melemah pada perdagangan hari ini. Harapan akan adanya damai dagang Amerika Serikat (AS) dengan China menjadi penekan utama harga emas.

Pada Senin (30/9/2019) pukul 13:45 WIB, harga emas dunia berada di US$ 1.489,61/troy ons. Turun 0,46% dibandingkan posisi akhir pekan lalu.

Harga si emas hitam terkoreksi sejak akhir pekan lalu, menyusul datangnya kabar AS-China sepakat untuk mengadakan dialog dagang di Washington pada 10-11 Oktober. Delegasi China akan dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He, sementara AS akan dikomandoi oleh Kepala Kantor Perwakilan Dagang Robert Lighthizer.



Sempat beredar berita bahwa AS bakal melakukan langkah kontroversial. Pemerintahan Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk mengusir perusahaan-perusahaan China yang melantai di bursa saham New York (Wall Street). Berita ini membuat investor kelabakan, karena berisiko mengganggu proses menuju damai dagang.

Akan tetapi, hadir kabar yang melegakan. Bloomberg melaporkan, sebagaimana diberitakan oleh Reuters, Kementerian Keuangan AS membantah bahwa pemerintah bakal melakukan forced delisting terhadap emiten Negeri Tirai Bambu.

"Pemerintah tidak sedang mempertimbangkan melarang perusahaan China untuk mencatatkan saham di bursa AS untuk saat ini," kata Monica Crowley, Juru Bicara Kementerian Keuangan AS.

Asa menuju damai AS-China kembali membahana. Kini investor berharap pertemuan 10-11 Oktober nanti menelurkan hasil positif untuk mengakhiri perang dagang yang sudah berlangsung selama lebih dari setahun.

Akibatnya, investor kembali memburu aset-aset berisiko termasuk mata uang dolar AS. Nilai tukar greenback pun menguat, dan membuat harga emas tertekan.

Emas merupakan aset yang dibanderol dengan dolar AS. Ketika dolar menguat, maka harga emas akan menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya. Permintaan emas berkurang, dan harganya turun.

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)

Analisis Teknikal
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading