Analisis

Mengintip Strategi BRI Jadi Super Apps

Market - Donald Banjarnahor & Irvin Avriano A., CNBC Indonesia
20 September 2019 12:43

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernahkah menghitung jumlah aplikasi di ponsel pintar (smart phone) Anda? Pasti banyak.

Berdasarkan survei sederhana kami pada 5 karyawan pria dan 5 karyawan wanita, rata-rata jumlah apilkasi di smartphone mereka mencapai 22 aplikasi. Paling sedikit, sebuah ponsel memiliki 5 aplikasi dan yang paling banyak memiliki 92 aplikasi.

Hasil survei tersebut menunjukkan: hampir tidak mungkin sebuah ponsel pintar tak miliki banyak aplikasi di dalamnya. Namun, aplikasi yang bisa ditanamkan terbatas karena faktor ruang penyimpanan maupun kekuatan random access memory (RAM).


Mengatasi masalah ini, munculkan yang namanya Super App, satu aplikasi dengan berbagai fitur dan fungsi yang menyelesaikan berbagai kebutuhan pengguna. Bentuknya bisa kolaborasi maupun sinergi, dengan berbagai model bisnis turunannya.

Sayangnya, Super App ini baru ada pada perusahaan startup teknologi. Di industri finansial belum ditemukan Super App bagi transaksi pembayaran, perbankan, asuransi, hingga pasar modal.


Padahal dukungan untuk Super App ini sudah datang dari Regulator. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) sudah mulai menyiapkan regulasi dan standarisasi dalam open banking dan open Application Programming Interface (API).

Open banking dan open API akan memungkinkan keterbukaan informasi keuangan bank kepada pihak ketiga secara aman untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi dan memungkinkan interlink antar pelaku.

Sederhananya, melalui layanan digital, bank tersebut bisa memberikan layanan satu atap atau one stop solutions. Salah satu bank yang siap memberikan layanan satu atap adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI). Guna melengkapi fungsi ini, BRI gencar melakukan akuisisi perusahaan jasa keuangan.

Mengintip Strategi BRI Jadi Super AppsFoto: Infografis/Konsolidasi Anak Usaha Demi Menjaga Momentum Pertumbuhan/Arie Pratama


BERSAMBUNG KE HALAMAN 2 >>>>>>>>>>> Cross selling


(dob/dob)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading