Internasional

Waduh! Pemberontak Janji Serang Lagi Fasilitas Minyak Saudi

Market - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
16 September 2019 15:44
Ancaman teror masih akan berlanjut pada fasilitas produksi minyak di Arab Saudi
Jakarta, CNBC Indonesia- Ancaman teror masih akan berlanjut pada fasilitas produksi minyak di Arab Saudi. Hal ini diungkapkan pemberontak Houthi di Yaman sebagaimana dilansir Bloomberg, Senin (16/9/2019).

Dalam pernyataan resminya, para pemberontak mengatakan akan terus menargetkan instalasi minyak negara kerjaan itu sebagai sasaran serangan.
"Senjata kami bisa menjangkau area mana saja di Arab Saudi," ujar pemberontak Houthi dalam siaran televisi miliknya.

Sabtu lalu, kelompok ini menyerang salah satu ladang minyak terbesar Arab Saudi di Hijra Khurais dan fasilitas kilang minyak mentah di dunia di Abqaiq. Serangan dilakukan Sabtu pagi sekitar pukul 04.00 dengan pesawat tanpa awak.



Fasilitas Khurais yang berjarak 250 kilometer dari Dhahran memompa sekitar 1,5 juta barel minyak per hari. Sedangkan fasilitas Abqaiq adalah tempat pemrosesan minyak terbesar di dunia dengan kapasitas lebih dari 7 juta barel per hari.

Akibat serangan ini, Arab Saudi memangkas produksi minyaknya hingga 50% atau 5,7 juta barel produksi minyak mentah per hari. Alhasil harga minyak mentah sempat naik bahkan WTI melonjak 15%

Sementara itu, ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat memanas seiring serangan drone pada ladang dan kilang minyak milik BUMN Arab Saudi, Saudi Aramco.


AS menuding Iran berada di balik serangan tersebut. Di mana Iran menjadi penopang dana dari kelompok Houthi.

Sekretaris Presiden AS Mike Pompeo mengatakan tidak ada bukti kalau serangan berasal dari Yaman. Menurutnya serangan dilakukan Iran.

Iran pun membantah tuduhan ini. "Pernyataan seperti itu ... lebih seperti merencanakan oleh intelijen dan organisasi rahasia untuk merusak reputasi suatu negara," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi.

BERLANJUT KE HAL 2
Waduh! Pemberontak Janji Serang Lagi Fasilitas Minyak Saudi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading