Perang Dagang Jepang-Korea Bikin Rupiah Tak Berdaya

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 September 2019 10:33
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akhirnya melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rantai penguatan rupiah yang sudah terjalin selama empat hari pun terputus.

Pada Rabu (11/9/2019), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.063. Rupiah melemah 0,23% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Hingga kemarin, rupiah menguat selama empat hari perdagangan beruntun di kurs tengah BI. Selama periode tersebut, apresiasi rupiah mencapai 1,31%.




Rupiah baru melemah hari ini di kurs tengah BI, tetapi di pasar spot depresiasi mata uang Tanah Air sudah terjadi sejak kemarin. Apesnya, pelemahan rupiah berlanjut sampai hari ini.


Pada pukul 10:06 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.060 di mana rupiah melemah 0,11%. Rupiah sudah melemah sejak pembukaan pasar.

Namun jangan khawatir, sebab rupiah bukan satu-satunya mata uang yang loyo di Asia. Bahkan seluruh mata uang utama Benua Kuning melemah di hadapan dolar AS. Kacau juga ini.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 10:08 WIB:




(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading