Perang Dagang Memanas, China Lempar Psy War ke Trump

Market - Redaksi, CNBC Indonesia
24 August 2019 19:19
Perang Dagang Memanas, China Lempar Psy War ke Trump
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah China menentang keputusan Amerika Serikat (AS) terkait tarif tambahan bea masuk impor barang-barang China senilai Rp US$500 miliar. China mengingatkan akan konsekuensi jika atas tindakan yang salah ini.

Melalui Twitter, Trump mengumumkan tarif tambahan sebesar 5% atas barang-barang impor China yang bernilai US$500 miliar. Sebagai respons dari keputusan China mengenakan tarif kepada US$75 miliar.


Seperti dilansir dari CNBC International, Trump akan menaikkan bea yang ada atas US$ 250 miliar produk China menjadi 30% dari 25% pada 1 Oktober, dan tarif untuk US$ 300 miliar barang China lainnya, sekarang akan menjadi 15%, bukan 10% mulai berlaku pada 1 September mendatang.


China sendiri mengenakan tarif baru ini sebagai respons dari keputusan Donald Trump yang menambahkan tarif baru pada barang impor China sebesar US$300 miliar.

Tarif yang dikenakan pada US$75 miliar barang AS berkisar antara 5% hingga 10% dan berlaku efektif dalam dua tahap, yakni 1 September dan 15 Desember 2019.

Kementerian perdagangan China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Amerika Serikat seharusnya tidak salah menilai situasi atau meremehkan tekad rakyat China, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (24/8/2019).


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading