Fitch: Problem Duniatex & Agung Podomoro Bukan Sistemik

Market - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
03 August 2019 06:45
Fitch: Problem Duniatex & Agung Podomoro Bukan Sistemik
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan pemeringkat global Fitch Ratings menyatakan persoalan keuangan yang dihadapi PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dan PT Delta Merlin Dunia Textile (Duniatex) tidak mengindikasikan adanya problem sistemik di likuiditas Indonesia.

Meski Fitch menurunkan peringkat utang APLN dan Duniatex menjadi CCC- pada Juli 2019 menyusul kenaikan risiko likuiditas dan pembiayaan kembali (refinancing), emiten obligasi lainnya asal Indonesia tercatat masih memiliki likuiditas cukup.


Perusahaan pemeringkat itu mengakui bahwa kondisi bisnis di sektor properti dan tekstil memang masih melamban. Hanya saja, kekuatan likuiditas emiten di kedua sektor tersebut cenderung berbeda.


Menurut data Fitch, delapan dari 28 emiten obligasi Indonesia dengan imbal hasil tinggi (di luar Duniatex dan APLN) memiliki skor kurang dari 1,5 kali atau tiris dengan enam di antaranya memiliki skor kurang dari 1 kali.

"Namun, kami yakin bahwa emiten tersebut bisa mengelola kebutuhan likuiditas mereka berdasarkan visibilitas pendapatan mereka dan akses pendanaan yang ada," tulis Fitch dalam rilisnya, pada Jumat (2/8/2019).

TIM RISET CNBC INDONESIA


(ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading