Utang Aman, RI Tetap Dapat Peringkat Investment Grade

Market - MAIKEL JEFRIANDO, CNBC Indonesia
29 June 2022 07:10
fitch ratings

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat internasional Fitch masih mempertahankan Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB (investment grade) dengan outlook stabil. Hal ini ditopang oleh pengelolaan fiskal yang baik di tengah upaya menggenjot perekonomian.

Demikianlah dikutip CNBC Indonesia berdasarkan laporan Fitch Rating, Rabu (29/6/2022)


Fitch memperkirakan ekonomi Indonesia dapat melesat ke 5,6% pada 2022 dan 5,8% pada tahun berikutnya. Ramalan baik tersebut ditopang oleh penyebaran kasus covid-19 yang terkendali dan ekspor yang meningkat imbas lonjakan harga komoditas internasional.

"Ekspor Indonesia naik 43% dalam 12 bulan hingga Mei 2022 dari tahun sebelumnya. Namun, risiko terhadap pertumbuhan tetap ada, berasal dari tekanan inflasi global dan potensi pertumbuhan yang lebih lambat, termasuk di China, dan pengetatan moneter yang lebih cepat dari yang kami harapkan saat ini," tulis Fitch.

Fitch memuji pemerintah dalam pengelolaan fiskal. Sebab bisa menurunkan defisit anggaran dengan drastis, yang diperkirakan bisa mencapai 4,3% PDB pada 2022 atau di bawah perkiraan pemerintah yaitu 4,5% PDB.

Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk kembali meletakkan posisi defisit anggaran ke level di bawah 3% PDB pada 2023. Begitu pun dengan rasio utang yang terus menyusut. Walaupun patut diwaspadai adanya risiko dari beban subsidi yang teramat besar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada yang Bilang Harga CPO Diprediksi US$ 1.000/ton Tahun Ini


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading