Cerita Lengkap Soal Mandiri Eror & Berkurangnya Saldo Nasabah

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
20 July 2019 16:28
Pagi tadi (20/7/2019) media sosial sudah heboh. Sejumlah nasabah menyampaikan keluh kesahnya soal erornya layanan Bank Mandiri.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pagi tadi (20/7/2019) media sosial sudah heboh. Sejumlah nasabah menyampaikan keluh kesahnya soal eror-nya layanan Bank Mandiri. Sebagian ada yang mengeluhkan dana di tabungan berkurang drastis tanpa ada transaksi. Sebagian lagi mengabarkan soal pertambahan tabungan.

Ternyata sejumlah layanan Bank Mandiri mengalami gangguan atau eror. Layanan tersebut di antaranya mandiri online, internet banking, sms banking, ATM Dan EDC.


Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan perubahan saldo rekening pada sejumlah nasabah terjadi karena adanya proses pemindahan sistem.


"Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi eror pada data saldo 10% nasabah Bank Mandiri," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, dalam konferensi pers, Sabtu ini di Plaza Bank Mandiri.

Rohan memastikan terjadinya kesalahan pada sistem yang menyebabkan saldo nasabah berubah, jadi bukan terjadi fraud atau kecurangan. Kesalahan ini lebih disebabkan oleh kegagalan sistem, karena memory defect atau cacat memori pada perangkat keras (hardware). Hal ini menyebabkan saldo nasabah tertukar sehingga ada yang bertambah dan ada yang berkurang.

"Ada saldo yang bertambah dan berkurang ini bukti bukan fraud, karena kalau fraud kan biasanya berkurang," tambah Rohan hafas.


Pihaknya juga tengah melakukan pengecekan berganda terhadap saldo nasabah. Nantinya saldo yang bertambah, jika belum diambil maka akan didebet secara otomatis. Begitu juga sebaliknya pada saldo yang berkurang, akan otomatis kembali seperti semula.

Bagaimana jika nasabah telah mengambil saldo yang bertambah? Rohan memastikan dana tersebut harus dikembalikan.

"Harus dikembalikan, nanti kami hubungi nasabah yang bersangkutan, kan kami ada datanya nanti saldo sebenarnya berapa," katanya.

Cerita Lengkap Soal Mandiri Eror & Berkurangnya Saldo NasabahFoto: Bank Mandiri (CNBC Indonesia TV)

Mandiri, lanjut Rohan, menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan, karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah.

Bank Mandiri mempersilahkan Nasabah yang ingin melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri. Rohan meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.


"Sekali lagi kami memohon maaf dan kami pastikan rekening nasabah, aman," tegas Rohan.

Layanan kembali pulih

Setelah proses normalisasi saldo rekening nasabah, Bank Mandiri memastikan seluruh layanan kembali beroperasi normal. Layanan tersebut meliputi mandiri online, internet banking, sms banking, ATM dan EDC. 


Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, nasabah dapat bertransaksi normal dengan seluruh alat pembayaran Mandiri. 

"Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanannya, saat ini layanan sudah pulih dan kami senantiasa memastikan keamanan rekening nasabah." kata Rohan seperti dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (20/7/2019).

"Bank Mandiri selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan bertransaksi. Terima kasih kepada nasabah yang telah memberikan kepercayaan dalam menggunakan layanan Bank Mandiri," tambah Rohan.

Simak video tentang layanan eror Bank Mandiri di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading