Jaringan Eror, Bank Mandiri: 90% Nasabah Kembalikan Uang

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 July 2019 13:34
Jaringan Eror, Bank Mandiri: 90% Nasabah Kembalikan Uang
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencatat setidaknya ada 2.600 nasabah yang sudah melakukan penarikan sejumlah uang terkait sistem yang sempat eror pekan lalu.

Terkait hal itu pula, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri, Hery Gunardi memastikan jika gangguan tersebut tak ada hubungannya dengan hacker atau atau kejahatan dalam dunia digital.

"Ini tak ada kaitannya dengan cyber hacker. Murni ini karena pemeliharaan sistem reguler yang hanya berimbas ke segelintir nasabah," ujarnya saat konferensi pers di kantor Ombudsman, Jakarta, Senin (29/7/2019).


"Dana nasabah aman, dan yang berbeda hanya tampilan saldo. Itu juga sesaat," tambahnya lagi.

Namun, atas tampilan saldo tersebut, sebanyak 2.600 nasabah tercatat telah melakukan penarikan sejumlah uang. Dimana 90 persen diantaranya sudah mengembalikannya kepada Bank Mandiri dengan cara melakukan transfer langsung.

Bank Mandiri mengaku telah melakukan pendekatan secara langsung kepada 2.600 nasabah tersebut. Salah satunya dengan cara memberikan electronic money (e-money ) sebesar Rp 100 ribu dan voucher online.

"Ada sedikit yang kelebihan saldo. Kita melakukan pendekatan, dan ada yang sudah dikembalikan,"katanya.

Saat ini, sekitar 10 persen dari 2.600 nasabah Bank Mandiri belum mengembalikan kelebihan saldo tersebut. Di mana jumlahnya diperkirakan di bawah Rp 10 miliar.

Atas kejadian ini pula, Bank Mandiri memastikan bahwa tak ada nasabahnya yang bermigrasi atau berpindah menggunakan perbankan lain. Hal ini sesuai dengan pengamatan yang sudah dilakukan oleh pihak perbankan.

"Pengamatan lapangan tidak ada (yang migrasi), sampai hari ini tidak ada," tandasnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading