Dituding Hindari Pajak, Bos Adaro: Kami Transparan!

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
04 July 2019 14:45
Dituding Hindari Pajak, Bos Adaro: Kami Transparan!
Jakarta, CNBC Indonesia- Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk. (ADRO) Garibaldi Thohir menanggapi temuan yang disampaikan oleh oganisasi Global Witness mengenai dugaan transfer pricing demi penghindaran pajak. Menurut dia, hal tersebut hanya bisa ditentukan oleh Dirjen Pajak.

"Dari saya simple, yang bisa menentukan apakah kita melakukan hal tersebut adalah Dirjen Pajak. Negara kita tidak boleh dijajah oleh bangsa lain dan dengan opini-opini institusi lain, karena yang paling tahu adalah otoritas pajak Indonesia," kata Garibaldi yang akrab disapa Boy ini kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/7/2019).


Menurut dia, sejauh ini Adaro masih menjadi perusahaan yang transparan yang dibuktikan dengan menerima penghargaan dari otoritas pajak selama beberapa tahun berturut-turut.


"Nanti biar otoritas pajak saja yg menentukan. Mereka kan sudah ada perjanjian dengan otoritas pajak Singapore," tegas dia.

Tanggapan ini menyangkut adanya temuan dari Global Witness mengenai adanya indikasi penghindaran pajak yang oleh Adaro dengan memindahkan sejumlah laba yang didapatkan dari batu bara yang ditambang di Indonesia ke jaringan perusahaan luar negerinya.

Laporan Global Witness: Jaringan Perusahaan Luar Negeri Adaro ini mengungkapkan sejak 2009-2017 Adaro melalui salah satu anak perusahaanya di Singapura, Coaltrade Services International, telah mengatur sedemikian rupa sehingga mereka bisa membayar pajak US$ 125 juta dolar lebih rendah daripada yang seharusnya dibayarkan di Indonesia.


"Dengan memindahkan sejumlah besar uang melalui suaka pajak, Adaro berhasil mengurangi tagihan pajaknya di Indonesia yang berarti mengurangi pemasukan bagi pemerintah Indonesia sebesar hampir US$ 14 juta setiap tahunnya yang sekiranya bisa digunakan untuk kepentingan umum," kata Stuart McWilliam, Manajer Kampanye Perubahan Iklim untuk Global Witness dalam siaran persnya, dikutip CNBC Indonesia, Kamis (4/7/2019)

Persoalan ini bukanlah hal baru karena pernah mencuat sekitar 11 tahun lalu atau ketika Adaro akan go public pada 2008. Kala itu mencuat soal dugaan transfer pricing oleh Adaro lewat perusahaan terafilisasi di Singapura. Namun persoalan tersebut menguap karena Adaro tak terbukti melakukan penghindaran pajak.

Saksikan Video Kerajaan Bisnis Adaro Energy

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading