Bukan Batu Bara, Adaro Bakal Listriki Papua dengan PLTS

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
25 June 2019 17:55
Bukan Batu Bara, Adaro Bakal Listriki Papua dengan PLTS
Nusa Dua, CNBC Indonesia- PT Adaro Power tengah melakukan percobaan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Papua, guna mendukung rencana perusahaan untuk rencana pengembangan bisnis melistriki wilayah terpencil, yang belum mendapatkan pasokan listrik dari Jaringan PT PLN (Persero). 

Wakil Direktur Utama Adaro Power Dharma Djojonegoro menuturkan, kebanyakan wilayah tersebut terletak di Indonesia Timur.




"Jadi, desa yang belum teraliri listrik, yang susah untuk masuk kami coba ini. Kami memang melihat daerah timur Papua dan lain-lain," kata Dharma, ketika dijumpai di Nusa Dua, Bali, Senin (24/6/2019).

Lebih lanjut, Dharma menjelaskan, saat ini perusahaan sedang melakukan percobaan membangun PLTS di salah satu desa di Papua, dengan kapasitas kurang dari 1 kilo Watt peak (kWp). Hal ini dilakukan untuk mematangkan rencana bisnis tersebut.

"Kami mau identifikasi daerah mana, kami mau pilot project dulu, dan coba beberapa desa," tuturnya.

"Bisnis kelistrikan di wilayah terpencil tidak hanya mencari marjin tetapi membantu masyarakat memperoleh listrik. Tujuannya objektif, yakni bagaimana supaya desa punya listrik," tambah Dharma.

Ia juga menuturkan, rencananya, metode yang digunakan untuk kelistrikan yakni dengan sistem jaringan terturup (off grid). Jika konsep dari sisi teknis dan pembayaran listrik dalam uji coba tersebut berjalan dengan baik, maka pola yang digunakan dalam uji coba tersebut akan diterapkan di wilayah lain.

 "Off grid, jadi modelnya kami pasang solar panel di tiang, dengan baterai yang kami pasok ke desa," jelasnya.

Dharma menyebutkan, perusahaan pun telah menjalin mitra, membuat anak usaha patungan untuk mengevaluasi wilayah yang memiliki potensi.  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading