Data Center Diakuisisi Princeton, Saham EXCL Ditutup Amblas

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
03 July 2019 17:14
Data Center Diakuisisi Princeton, Saham EXCL Ditutup Amblas
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (EXCL) ditutup amblas pada perdagangan Rabu ini (3/7/2019) di level Rp 2.860/saham, atau minus hingga 3,38%. Koreksi ini terjadi di tengah informasi bahwa Data Center milik perseroan diakuisisi mayoritas oleh Princeton Digital Group.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, saham EXCL ditransaksikan sebesar Rp 22,75 miliar dengan volume perdagangan 7,89 juta saham. Secara year to date, saham EXCL menguat 44,44% kendati asing mengurangi ramai menjual saham EXCL pada periode ini mencapai Rp 686 miliar di semua pasar.

Khusus hari ini, asing melepas (net sell) Rp 8,84 miliar di pasar reguler.



Dalam keterangan resminya, Princeton Digital Group (PDG) mengakuisisi kepemilikan mayoritas di portofolio bisnis Data Center XL Axiata di Indonesia, dengan komitmen sebesar US$ 100 Juta untuk pertumbuhan modal. Nilai tersebut setara dengan Rp 1,41 triliun.

PDG berkantor pusat di Singapura, adalah investor
, pengembang, dan operator infrastruktur internet. PDG bermitra dengan perusahaan-perusahaan global berskala besar. Saat ini, XL Axiata memiliki lima Data Center berkualitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Joint venture atau perusahaan patungan, yang dinamakan Princeton Digital Group Data Centres, akan mendukung eksistensi strategis PDG di Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025.

"Dengan investasi lanjutan tersebut joint venture ini akan menjadi pemimpin pasar di Indonesia serta salah satu operator Data Center terbesar di Asia Tenggara. Pengumuman hari ini adalah langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut," kata Rangu Salgame, Chairman dan CEO, Princeton Digital Group, dalam siaran pers, dikutip Rabu (3/7/2019).

"[Joint venture] ini menjadikan entitas baru ini, sebagai mitra pilihan untuk para penyedia layanan digital berskala besar dan perusahaan multinasional yang secara pesat memperluas operasi mereka di Indonesia dan di kawasan Asia," kata Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO, XL Axiata, dalam keterangan tersebut.

Simak invasi raksasa telekomunikasi di ASEAN.
[Gambas:Video CNBC]
(tas/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading