IMF: Perang Dagang AS-China Bisa Bikin Dunia Rugi Rp 6.500 T!

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
06 June 2019 06:41
IMF: Perang Dagang AS-China Bisa Bikin Dunia Rugi Rp 6.500 T!
Jakarta, CNBC Indonesia - Perang bea impor antara Amerika Serikat (AS) dan China baik yang masih rencana maupun yang sudah diterapkan dapat memangkas produk domestik bruto (PDB) global hingga 0,5% di 2020, menurut peringatan Dana Moneter Internasional (IMF), Rabu (5/6/2019).

Dalam sebuah catatan briefing untuk para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan pengenaan bea impor antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu dapat menyebabkan PDB senilai US$455 miliar (Rp 6.500 triliun) lenyap begitu saja.



Kerugian itu senilai dengan perekonomian Afrika Selatan, menurut catatan tersebut, dilansir dari CNBC International.


"Ada kekhawatiran yang terus meningkat mengenai dampak ketegangan perdagangan baru-baru ini. Risikonya adalah bea impor AS-China dapat lebih jauh menurunkan investasi, produktivitas, dan pertumbuhan. Rencana bea impor AS terhadap Meksiko juga menjadi sebuah kekhawatiran," kata Lagarde dalam catatan itu.

IMF: Perang Dagang AS-China Bisa Bikin Dunia Rugi Rp 6.500 T!Foto: CNBC Indonesia TV

"Ada bukti kuat bahwa Amerika Serikat, China, dan perekonomian dunia menjadi pecundang dari ketegangan perdagangan saat ini," tambahnya.

Lagarde mengatakan dampak tersebut adalah luka-luka yang disebabkan diri sendiri yang harus dihindari dengan cara menghapuskan halangan perdagangan dan menghindari halangan lainnya dalam bentuk apapun.



AS sejauh ini telah mengenakan bea impor 25% terhadap produk-produk China senilai US$250 miliar dan Presiden Donald Trump telah mengancam akan menerapkan bea masuk serupa terhadap sisa impor dari China bernilai US$325 miliar.

Sebagai balasannya, Beijing juga menaikkan bea impor terhadap berbagai produk AS senilai US$60 miliar. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading