Bahas Perang Dagang AS-China, Bos IMF Sindir Twit Trump

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
07 May 2019 17:47
Bahas Perang Dagang AS-China, Bos IMF Sindir Twit Trump
Paris, CNBC Indonesia - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan ketegangan perdagangan yang kembali muncul antara Amerika Serikat (AS) dan China adalah ancaman utama bagi perekonomian dunia.

"Jelas bahwa ketegangan antara Amerika Serikat dan China adalah ancaman bagi ekonomi dunia," kata Lagarde kepada wartawan dalam sebuah konferensi di Paris, Prancis.

Ia juga menambahkan bahwa rumor dan twit baru-baru ini membuat kemungkinan tercapainya kesepakatan dagang mengecil, dilansir dari AFP.


Presiden AS Donald Trump mengejutkan pasar global setelah Minggu kemarin berkicau akan menaikkan bea impor terhadap berbagai produk China senilai US$200 miliar. Selain itu, ia juga mengancam menjatuhkan bea masuk baru sebesar 25% terhadap produk China lainnya senilai US$325 miliar.


Lagarde mengatakan China dan AS harus menyelesaikan perang dagang mereka.

"Bagi kami di IMF, sangat penting bahwa ketegangan perdagangan diselesaikan dengan cara yang memuaskan bagi semua pihak karena jelas ketegangan antara Amerika Serikat dan China adalah ancaman bagi ekonomi global," kata Lagarde, mengutip Reuters.

Bahas Perang Dagang AS-China, Bos IMF Sindir Twit TrumpFoto: Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (REUTERS/Kevin Lamarque)

Meski Trump kembali meluncurkan ancamannya, beberapa analis Wall Street tetap optimistis kesepakatan dagang akan segera terwujud dan menganggap ancaman Trump hanyalah taktik negosiasi.

Negosiasi perdagangan antara pejabat AS dan China pun masih dijadwalkan untuk dilanjutkan pada Kamis di Washington. Wakil Perdana Menteri China Liu He masih dijadwalkan untuk hadir meski dengan membawa delegasi tingkat lebih rendah dari yang direncanakan sebelumnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading