Lagi Ramai Demo, Ada Transaksi Jumbo Multistrada Rp 933 M

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
22 May 2019 13:23
Lagi Ramai Demo, Ada Transaksi Jumbo Multistrada Rp 933 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) ditransaksikan dalam nilai jumbo hari ini di pasar negosiasi, yaitu Rp 933,1 miliar dengan harga transaksi tinggi yaitu Rp 843.  

Data transaksi pasar menunjukkan saham produsen ban tersebut diperjualbelikan tadi pagi, tepatnya pada 09:18 melalui perusahaan efek PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM) yang berkode broker LG. 

Transaksi melalui sekuritas tersebut dilakukan baik jual maupun beli, sehingga besar kemungkinan transaksi tersebut merupakan crossing tutup sendiri, atau berarti tukar kepemilikan saham dengan transaksi yang dilakukan di luar bursa. 


Transaksi saham perusahaan yang baru dikuasai perusahaan asal Perancis yaitu Michelin tersebut dilakukan sebanyak 11,1 juta lot saham atau 1,1 miliar saham (12,04% saham) di harga Rp 843, premium atau lebih tinggi 49,2% dari posisi penutupan pasar reguler kemarin Rp 565. 

Selain 12,04% tersebut, per Maret 2019 Michelin sudah memiliki 8,04 miliar saham MASA (87,6%) sehingga saham publik yang beredar kemungkinan tidak lebih dari 34 juta saham (0,37%).  

Tingginya harga transaksi negosiasi tersebut juga kemungkinan telah memprovokasi pelaku pasar sehingga harganya di pasar reguler hari ini turut naik hingga 15,93% ke Rp 655. 

Harga transaksi negosiasi tersebut juga mencerminkan premium 28,7% dari harga pasar siang ini Rp 655.  

Dengan melihat jumlah saham yang ditransaksikan, besar kemungkinannya bahwa transaksi tersebut adalah penyelesaian (settlement) dari aksi penawaran tender (tender offer) wajib yang dilakukan Michelin sebagai pemegang saham pengendali baru MASA. 

Meskipun harga transaksi Rp 843 tinggi dibanding harga pasar, tetapi harga tersebut merupakan harga beli Générale des Etablissements Michelin ketika mengambil alih 80% saham MASA dari Pieter Tanuri dan pemegang saham pengendali perusahaan yang lain pada Januari silam dan dituntaskan pada April.  

Pembelian dilakukan Michelin terhadap kepemilikan Pieter, PT Central Sole Agency milik Grup Salim, dan Lunar Crescent International Inc (British Virgin Islands) milik Northstar Group atau yang biasa dikenal dengan nama Northstar Capital.  

Transaksi pada April juga menggunakan jasa pialang saham yang sama yaitu Trimegah Sekuritas yang diketahui memiliki hubungan yang erat dengan Pieter Tanuri karena pernah menjadi salah satu pendiri perusahaan efek tersebut. Saat ini Trimegah Sekuritas dimiliki Northstar Capital.  

Pieter juga diketahui dekat dengan Northstar Capital karena intensitasnya dalam beberapa kali kolaborasi seperti mengelola Multistrada dan klub sepak bola PT Persib Bandung Bermartabat serta klub yang baru menggelar penawaran umum perdana (IPO) yaitu Bali United FC. 

Northstar Capital adalah private equity fund yang didirikan Glenn Timothy Sugita dan Patrick Sugito Walujo sejak 2003. 

Siang ini, harga saham MASA yang menjadi produsen ban Achilles dan Corsa tersebut membentuk kapitalisasi pasarnya Rp 6,01 triliun. 

Nilai transaksi saham MASA di pasar negosiasi tersebut turut meroketkan total transaksi di pasar negosiasi menjadi Rp 1,82 triliun dari yang normal di bawah Rp 1 triliun dan juga membentuk nilai transaksi di semua jenis pasar (reguler, negosiasi, tunai) menjadi Rp 4,26 triliun.  


TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading