Disebut Calon DGS BI, Ini Profil Destry Damayanti

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 April 2019 09:34
Melalui sebuah surat yang ditujukan ke Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jokowi hanya calon tunggal, sama seperti ketika mengajukan nama Gubernur BI
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan nama pengganti Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara.

Melalui sebuah surat yang ditujukan ke Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jokowi hanya mengirimkan calon tunggal, sama seperti ketika mengajukan nama Gubernur BI

Ketua DPR Bambang Soesatyo yang dikonfirmasi belum menjawab pertanyaan mengenai siapa calon tunggal tersebut. Namun, sumber CNBC Indonesia menyebutkan calon tersebut adalah Destry Damayanti.

Destry Damayanti saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


"Tradisi Deputi Gubernur Senior bank sentral berasal dari eksternal adalah baik untuk diteruskan," kata Kepala Ekonom Bahana Sekuritas Satria Sambijantoro, Selasa (30/4/2019)

"Ini untuk memberikan pandangan yang berbeda bagi BI, terutama berbagai kebijakannya yang sangat berpengaruh di pasar keuangan," jelasnya.

Menurut Satria, pencalonan Destry sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior pada periode selanjutnya bukti bahwa keseteraan gender di Indonesia semakin terlihat.

"Pencalonan Destry juga menunjukkan stance yang progresif dari Istana dan bank sentral untuk memiliki representasi perempuan yang lebih banyak di pemangku kebijakan," kata Satria.

Destry mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia dan Master of Science dari Cornell University, New York, Amerika Serikat.

Kariernya dimulai di beberapa tempat, antara lain Senior Economic Adviser untuk Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada periode 2002 - 2003.

Destry telah malang melintang berkarir di industri keuangan domestik. Beberapa jabatan penting pernah ia duduki, sebelum akhirnya menjadi anggota LPS.

Mulai dari Kepala Ekonom Bank Mandiri, Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas, Direktur Eksekutif di Mandiri Institute, hingga Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Bahkan, Destry pernah mencicipi jabatan sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian Badan Usaha Milik Negara pada periode 2014 - 2015.

Destry diangkat menjadi Anggota Dewan Komisioner LPS pada 24 September 2015, berdasarkan Keputusan Presiden 158/M 2015 tanggal 21 September 2015.

Disebut Calon DGS BI, Ini Profil Destry DamayantiFoto: Anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Destry Damayanti saat berdiskusi dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2019. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading