Topik Penting Pasar Pekan Ini: Rapat The Fed & Kinerja Apple

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
29 April 2019 07:01
Topik Penting Pasar Pekan Ini: Rapat The Fed & Kinerja Apple
Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan ini akan menjadi minggu yang sibuk dan berpotensi bergejolak bagi para investor di pasar keuangan dunia, khususnya Amerika Serikat (AS). Beberapa agenda penting yang menanti adalah pengumuman kebijakan moneter AS dan laporan kinerja kuartalan raksasa Wall Street, Apple dan Alphabet.

Selain itu, AS juga akan mengumumkan angka inflasinya, Senin, dan laporan penjualan kendaraan di Rabu.

Agenda Penting Pekan Ini: Rapat The Fed & Kinerja AppleFoto: Gubernur bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve, Jerome Powell

Bank sentral AS, Federal Reserve, akan melakukan pertemuan penentuan kebijakan moneter (FOMC)  Selasa (30/4/2019) hingga Rabu waktu setempat. Gubernur The Fed Jerome Powell diperkirakan akan kembali menekankan sikap sabar lembaganya dan penundaan sementara siklus kenaikan suku bunga.


"Saya rasa The Fed tidak akan memberi sinyal akan melakukan perubahan besar dalam stance kebijakannya pekan depan," kata Mark Cabana, seorang ahli strategi di Bank of America Merrill Lynch, dilansir dari CNBC International.

"Mereka akan membicarakan mengenai perekonomian yang menunjukkan sinyal-sinyal perbaikan dan karenanya masih sesuai bagi bank sentral untuk tetap sabar dan melihat bagaimana semua ini bergerak," tambahnya.


Para pejabat The Fed juga dipastikan akan membicarakan angka pertumbuhan ekonomi AS yang secara mengejutkan mencapai 3,2% di kuartal pertama. Angka ini jauh lebih baik dari 2,5% yang diperkirakan ekonom.

"Saya yakin akan ada perdebatan panas mengenai arah kebijakan moneter yang akan diambil," kata Ward McCarthy, kepala ekonom keuangan di Jefferies.

Para ekonom memperkirakan The Fed akan mempertahankan sikap dovish-nya bahkan saat data ekonomi AS mengilap. Ini karena ketidakpastian global, khususnya dari Eropa, masih menghantui.

Selain itu, beberapa perusahaan raksasa Wall Street juga akan mengumumkan kinerja keuangannya pekan ini yang berpotensi mendorong gejolak di pasar saham.

Agenda Penting Pekan Ini: Rapat The Fed & Kinerja AppleFoto: Infografis/Pendapatan 5 Raksasa Tekno/Edward Ricardo

Induk Google, Alphabet, akan mengumumkan laporan keuangannya Senin waktu setempat. Sementara Selasa, Apple, Merck, ConocoPhillips, dan General Motors adalah beberapa emiten yang akan melaporkan kinerja keuangannya.

Sektor teknologi sepanjang tahun ini telah menjadi sektor dengan kinerja terbaik di indeks S&P 500 dan mencatatkan kenaikan harga saham hingga 26%. Sementara itu, sektor keuangan naik 18,4% dan sektor kesehatan mencatatkan kinerja terburuk dengan penguatan hanya 2,5%. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading