Semen Indonesia akan Terbitkan Obligasi Rp 5 T

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
10 April 2019 19:00
Semen Indonesia akan Terbitkan Obligasi Rp 5 T
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berniat menerbitkan obligasi berkelanjutan (shelf registration) I/tahap II senilai Rp 5 triliun. 

Tiga orang pelaku pasar yang mengetahui rencana penerbitan tersebut mengatakan perseroan sudah menunjuk lima perusahaan sebagai penjamin emisi penerbitan efek utang tersebut, yang kemungkinan besar akan ditawarkan pada pertengahan Mei. 

"Penjamin emisinya PT BNI Sekuritas, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, PT Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas," ujar salah seorang pelaku pasar obligasi. 


Seorang pelaku pasar lain menduga dana dari penerbitan obligasi induk usaha semen BUMN itu juga akan digunakan untuk menutup dana akuisisi PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) yang sekarang sudah berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. 

Akuisisi diumumkan SMGR pada November 2018 dengan nilai US$ 917 juta (saat itu setara Rp 13,47 triliun). 

Untuk itu, perseroan sudah mendapatkan fasilitas pinjaman dari beberapa bank senilai total US$ 1,28 miliar (setara Rp 18,97 triliun) melalui anak usahanya yaitu SIIB. 

Dikonfirmasi secara terpisah, manajemen perseroan menyatakan belum dapat memberikan pernyataan terkait dengan penerbitan obligasi.

Penerbitan tersebut merupakan bagian dari obligasi berkelanjutan I yang pertama kali diterbitkan pada 2017 silam senilai Rp 3 triliun. 

Harga saham SMGR hari ini ditutup naik 2,51% menjadi Rp 14.300 per saham dan membentuk kapitalisasi pasarnya Rp 84,82 triliun, sedangkan saham SMCB ditutup turun 3,76% menjadi Rp 1.920 dan membentuk kapitalisasi pasarnya Rp 14,71 triliun.     


TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading